Lelah dengan Pekerjaan? Ini 5 Kegiatan Positif yang Dapat Mengurangi Stres

Lelah dengan Pekerjaan? Ini 5 Kegiatan Positif yang Dapat Mengurangi Stres

Lelah dengan pekerjaan? Ini lima kegiatan positif yang dapat megurangi stres. -Andrea Piacquadio-Pexels

HARIAN DISWAY - Terkadang banyak orang yang memiliki terlalu banyak tanggungan pekerjaan atau semacamnya yang membuat pikiran menjadi lelah. Hal ini tentunya akan memicu munculnya stres yang berdampak buruk bagi mental dan fisik. 

Stres dapat menyebabkan pengidapnya mengalami insomnia dan kurang tidur. Sebaliknya, stres juga dapat membuat seseorang tidak produktif karena terlalu banyak tidur. 

BACA JUGA: Journaling, Hobi Baru untuk Kurangi Stres, Mau Coba?

Selain itu, stres juga dapat menyebabkan detak jantung menjadi lebih tinggi, tekanan darah, dan kadar hormon juga ikut meningkat. Untuk itu, perlu adanya cara yang efektif untuk mengatasi stres yang muncul. 

Salah satu hal yang dapat mengurangi stres adalah hobi. Salah satu penelitian yang membuktikan hal ini adalah penelitian yang dilakukan pada 2015 dan dipublikasi di Jurnal Annals of Behavioral Medicine dengan jumlah 100 responden. 

Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa 34 persen responden yang melakukan aktivitas favoritnya tidak merasakan stres. Nah, jika kamu ingin tetap produktif sekaligus ingin menghindari stres, Anda bisa melakukan 5 hobi simpel di bawah ini.

Hobi yang satu ini bisa dibilang sederhana tapi memiliki dampak yang besar. Tak hanya mengurangi stres, hobi yang satu ini juga bisa mengurangi gejala depresi.  

Dengan jurnaling, Anda bisa mengekspresikan segala hal yang dipendam. Dengan ini pengelolaan emosi akan menjadi lebih baik. 


Lelah Dengan Pekerjaan? Ini Dia 5 Kegiatan Positif Yang Dapat Mengurangi Stres-Karolina Grabowska-Paxels

Selain itu, dengan journaling seseorang akan lebih mengetahui perbedaan antar emosi. Hal ini dikarenakan dalam menulis jurnal seseorang dapat menulis semua hal yang ia rasakan. 

Jurnaling juga hobi yang tidak muluk-muluk. Anda bisa melakukan journaling menggunakan sebuah buku dan pena, komputer, bahkan handphone sekalipun. Dalam menulis jurnal, tak ada aturan yang membatasi sehingga Anda bisa menulis dengan gaya sendiri.  

  • Melukis dan Mewarnai 

Sama seperti journaling, melukis bisa membuat kadar stres yang Anda rasakan menurun, ini. Dengan melukis Anda bisa menuangkan seluruh ide atau pemikiran. 


Lelah Dengan Pekerjaan? Ini Dia 5 Kegiatan Positif Yang Dapat Mengurangi Stres-Andrea Piacquadio-Paxels

Melukis dan mewarnai merupakan kegiatan yang membutuhkan fokus dan konsentrasi yang tinggi. Hal ini bisa membuat Anda melupakan masalah atau beban untuk sementara waktu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber