Umrah Bersama Mabruro (5): Mengunjungi Masjid Quba dan Kebun Kurma Aryaf Taibah

Umrah Bersama Mabruro (5): Mengunjungi Masjid Quba dan Kebun Kurma Aryaf Taibah

AIPDA Agus Wahyudi, Anang Mustofa, dan Serma Ronny Setyawan di depan Masjid Quba.-Dokumentasi Pribadi-

Perjalanan umrah jamaah Mabruro memasuki hari keempat. Pada Minggu, 19 November 2023, tiga pilar Desa Kendalbulur, Tulungagung, bersama jamaah lainnya berziarah ke Kota Madinah. Mengunjungi berbagai tempat, menapaktilasi jejak Nabi Muhammad SAW.

---

SEHARI sebelumnya, saat salat Raudhah di Masjid Nabawi, Kepala Desa Kendalbulur, Anang Mustofa mengapresiasi Mabruro Umrah dan Haji Khusus.

“Pemandu dari Mabruro sangat profesional. Meski antre, berdesakan, kami dengan cepat menembus antrean. Pengalaman mengarahkan jamaah sangat baik,” ungkapnya. 

Pada hari keempat, Mabruro memandu para jamaah untuk berziarah ke berbagai tempat di Madinah. Destinasi pertama adalah Masjid Quba. Masjid pertama yang didirikan Rasulullah.

Di sana, didampingi dua ustad: Ustaz Sholeh bin Warsad dan Ustad Abdurrahman, para jamaah dijelaskan tentang sejarah Masjid Quba. Masjid itu dibangun oleh Nabi Muhammad setelah menyelesaikan perjalanan hijrahnya dari Kota Makkah.

BACA JUGA:Umrah Bersama Mabruro (4): Salat Raudhah di depan Makam Nabi

BACA JUGA:Umrah Bersama Mabruro (3): Salat di Masjid Nabawi Plus Ziarah ke Makam Rasulullah

Ustas Soleh bin Warsad menunjukkan foto-foto tiga pilar Kendalbulur sedang berpose di depan Masjid Quba. Ketiganya tampak semringah. “Kami telah mengunjungi Masjid Quba. Alhamdulillah semuanya lancar,” ungkap Ustad Sholeh.

“Kami menapaktilasi jejak Rasul di tempat ini. Rasanya bahagia. Terharu. Tak bisa diungkap dengan kata-kata,” ujar Kepala Desa Kendalbulur Anang Mustofa. 

Pun dengan dua pilar Desa Kendalbulur lainnya, Babinsa Serma Rony Setyawan dan Bhabinkamtibmas Aipda Agus Wahyudi.

Para jamaah mendengar cerita tentang sejarah Masjid Quba. Masjid itu dibangun pada 8 Rabiul Awwal atau 23 September 622 Masehi. Masjid itu didirikan di atas kebun kurma seluas 1.200 meter persegi. 

Lantas, masjid direnovasi. Kini, luasnya mencapai 5.860 meter persegi. Sehingga dapat menampung 20 ribu jamaah.


KEBUN kurma menjadi salah satu destinasi jamaah umrah Mabruro di Madinah.-Dokumentasi Pribadi-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: