Sandiaga Uno Buka Rakernas PUTRI Bertema Membangun Wisata Nasional yang Aman, Nyaman, dan Menyenangkan

Sandiaga Uno Buka Rakernas PUTRI Bertema Membangun Wisata Nasional yang Aman, Nyaman, dan Menyenangkan

Rakernas PUTRI yang berlangsung 16-18 November 2023 itu dihadiri 12 Dewan Pengurus Daerah (DPD) dari seluruh Indonesia. Tampak Sandiaga Uno (tiga dari kanan) usai membuka acara. --

HARIAN DISWAY - Dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Perhimpunan Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Uno menyampaikan dukungannya terhadap upaya PUTRI dalam memajukan sektor pariwisata Indonesia. 

Ia menyoroti peran PUTRI dalam menggairahkan berbagai jenis wisata, seperti museum, alam, seni budaya, wisata buatan, desa wisata, konservasi, dan permainan anak. 

”PUTRI diakui sebagai wadah yang memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional, mulai dari sektor pariwisata hingga penyerapan tenaga kerja,” kata Sandiaga dalam acara yang berlangsung di Kantor Bupati Badung.

Rakernas PUTRI yang berlangsung 16-18 November 2023 itu dihadiri 12 Dewan Pengurus Daerah (DPD) dari seluruh Indonesia.

BACA JUGA: Dorong UMKM Jatim Berkembang, Jagoan Hosting Gelar Workshop Bikin Website Penjualan Mudah, Ads Anti Boncos Omzet Joss

Saat peresmian, tampak hadir Deputi Menteri Bidang Industri dan Investasi Rizky Handayani, Deputi Sumberdaya dan Kelembagaan Martini (Diah) Paham, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, serta Ketua Umum PUTRI Hans Manansang.

Dengan tema "Membangun Wisata Nasional yang Aman, Nyaman, dan Menyenangkan" PUTRI menekankan pentingnya faktor keselamatan, keamanan, dan kenyamanan bagi pengunjung dalam menikmati tempat wisata.
Saat peresmian, tampak hadir Deputi Menteri Bidang Industri dan Investasi Rizky Handayani, Deputi Sumberdaya dan Kelembagaan Martini (Diah) Paham, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, serta Ketua Umum PUTRI Hans Manansang. --

Kejadian beberapa kecelakaan wisata dibeberapa lokasi menjadi tolok ukur untuk pembenahan wisata yang tidak hanya menonjolkan keindahan alam, atraksi dan rekreasi namun juga faktor keselamatan pengunjung. 

PUTRI sebagai perhimpunan usaha taman rekreasi memfokuskan pembinaan, edukasi kepada para anggotanya agar senantiasa memenuhi standar keselamatan yang baik.

Hans menyatakan rakernas PUTRI bisa menguatkan organisasi, lini kordinasi dan memberikan dampak yang positif bagi Indonesia melalui pariwisata. 

Ketua Organizing Comittee Rakernas Alexander Zulkarnain menambahkan penting sekali para pelaku usaha pariwisata perlu memastikan semua aspek dan faktor CHSE.

BACA JUGA: Jawa Timur Menjadi Titik Wilayah Mobilisasi Masyarakat Terbesar dalam Liburan Nataru 2023/2024

Semua itu agar menjamin pengunjung mendapatkan pengalaman yang menyenangkan sehingga bisa kembali lagi mengunjungi pariwisata dan memitigasi resiko yang timbul dari kenaikan dan lonjakan pengunjung terutama saat high season (musim liburan)

”Rakernas PUTRI diharapkan menjadi wahana kolaborasi yang produktif antara pemerintah, industri, dan memajukan sektor pariwisata menuju tujuan yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi semua,” tambah Wasekjen PUTRI Alexander Zulkarnain. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: