Jokowi Dijadwalkan Resmikan Dua Bandara di Papua Hari Ini

Jokowi Dijadwalkan Resmikan Dua Bandara di Papua Hari Ini

Bandara Douw Aturure di Nabire, Papua Tengah rampung dibangun pada tahun 2022 dan akan diresmikan hari ini -Kemenhub-

HARIAN DISWAY Presiden Jokowi dijadwalkan untuk meresmikan 2 bandara baru yang telah terbangun di Provinsi Papua pada hari ini, Kamis, 23 November 2023. 

Dua bandara tersebut masing-masing adalah Bandara Douw Aturure di Nabire, Papua Tengah dan Bandara Siboru di Fakfak, Provinsi Papua Barat.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau langsung dua Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut pada Rabu, 22 November 2023 Kemarin. 


Bagian dalam terminal penumpang Bandara Douw Aturure, Nabire, Papua Tengah-Kemenhub-

“Kita sudah membangun bandara yang cantik dan keren di Papua. Insyaallah sudah siap diresmikan oleh bapak Presiden Jokowi besok (hari ini,Red),” ujar Menhub saat di Nabire, Papua Rabu. 

BACA JUGA:Groundbreaking Bandara VVIP IKN Nusantara, Jokowi Perkiraan Rampung Desember 2024 dan Aktif Juni 2024

Mantan Dirut PT Angkasa Pura II itu menjelaskan, kedua bandara tersebut merupakan hasil kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah untuk saling melengkapi. 

“Pemerintah daerah telah menyediakan lahannya kepada pemerintah pusat, kemudian pemerintah pusat yang melakukan pembangunan baik terminal, runway dan fasilitas lainnya,” tuturnya.


Menhub dan Jajaran perhubungan udara lokal dan pusat berfoto di depan Bandara Siboru, Fakfak, Papua Barat -Kemenhub-

Dengan kehadiran dua bandara ini, diharapkan dapat semakin melancarkan mobilitas masyarakat dari dan ke Papua, baik ke Nabire maupun Fakfak. 

BACA JUGA:Kunjungi Papua, Ganjar Janji Mudahkan Akses Pendidikan dan Lapangan Kerja

“Kami mohon dukungan pemda untuk melakukan upaya-upaya untuk memasarkan bandara ini agar penumpang dan penerbangannya semakin ramai,” ucap Menhub.

Pembangunan Bandara Siboru dilakukan mulai tahun 2020 hingga 2023. Sedangkan Bandara Douw Aturure Baru dibangun mulai tahun 2020 hingga tahun 2022.

Presiden dijadwalkan meresmikan 2 bandara tersebut di sela-sela kunjungan di Bumi Cendrawasih untuk mengikuti rangkaian Sail Cendrawasih 2023.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: