Groundbreaking Bandara VVIP IKN Nusantara, Jokowi Perkiraan Rampung Desember 2024 dan Aktif Juni 2024

Groundbreaking Bandara VVIP IKN Nusantara, Jokowi Perkiraan Rampung Desember 2024 dan Aktif Juni 2024

Presiden Jokowi menyampaikan pidato dalam peresmian groundbreaking Bandara VVIP IKN Nusantara pada Rabu, 1 November 2023. -Sekretariat Presiden-

HARIAN DISWAY - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara peletakan batu pertama atau groundbreaking Bandara VVIP di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, pada Rabu, 1 November 2023.

 

Tampak hadiri Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Kepala Otorita IKN Bambang Soesantono, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Mereka ikut menemani Jokowi membuka peresmian groundbreaking dengan pembunyian sirine. "Bismillahirrahmanirrahim. Groundbreaking Bandara IKN saya nyatakan dimulai," kata Jokowi.

 

Dalam sambutannya, Jokowi menjelaskan Bandara IKN ini dibuat untuk mendukung maraknya mobilitas orang di IKN karena arus kedatangan orang di IKN sudah meningkat beberapa waktu terakhir.

 

BACA JUGA: 5 Surga Pariwisata Tersembunyi di Dekat IKN yang Wajib Kamu Kunjungi

 


Presiden Jokowi ditemani Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri BUMN Erick Thohir memulai peresmian groundbreaking Bandara VVIP IKN Nusantara dengan pembunyian sirine pada Rabu, 1 November 2023. -Sekretariat Presiden-

 

Karena itu kehadirannya sangat penting mengingat banyaknya mobilitas yang ada di IKN. "Ini bandara khusus yang mendukung pelayanan kegiatan pemerintahan di IKN dan konektivitas ibu kota Nusantara,” ujarnya.

 

Presiden memiliki keyakinan penuh bahwa bandara IKN akan membuat kawasan IKN dan Kalimantan semakin terbuka dengan dunia luar. “Konektivitas semakin baik dan semakin mudah untuk dijangkau dari manapun,” terang Jokowi.

 

BACA JUGA: November Tahun Ini Juga Investor Swasta Kelas Kakap Mulai Bangun IKN

 

"Bandara IKN ditargetkan beroperasi penuh di bulan Desember 2024. Nantinya bisa digunakan pada bulan Juni 2024,” ujarnya. Presiden berharap agar Bandara IKN bisa mengakselerasi progres pembangunan proyek-proyek lainnya yang ada di IKN.

 

“Saya yakin bandara IKN akan meningkatkan daya saing, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan mendorong potensi yang ada di daerah sekaligus mengakselerasi pembangunan IKN yang sedang kita proses,” harapnya.

 

BACA JUGA: Bandara VVIP IKN Mulai Dibangun Bulan Depan, Didesain Dengan Budaya Kalimantan dan Teknologi Ramah Lingkungan

 

Bandara VVIP IKN dibangun di atas lahan seluas 7.000 meter persegi dengan memiliki landasan pacu berukuran 3000x45 meter. Apron Bandara VVIP IKN bahkan bisa menampung tiga pesawat berbadan besar dan satu pesawat berbadan kecil.
Sambutan Presiden Jokowi sebelum melakukan peresmian groundbreaking Bandara VVIP IKN Nusantara pada Rabu, 1 November 2023. -Sekretariat Presiden-

 

Jika hanya pesawat berbadan kecil, bandara itu bisa menampung tujuh unit pesawat. Pesawat besar jenis Boeing 777-300ER dan Airbus A380 bisa mendarat. Bandara VVIP IKN ini juga dilengkapi helipad yang bisa menampung tiga unit helikopter.

 

Ada parkir GSE, pos pemeriksaan sisi udara, pos jaga, hanggar, cargo, catering, DPPU, rumah pompa, STP & WTP, substation power house, dan bengkel/GSE maintenance.

 

Ada pula tempat ibadah, perkantoran, gedung karantina, kantin, rumah dinas, TPS, meteorologi, EOC, PKP PK, power house, gardu PLN, dan ATC Tower.

 

Selain menghadiri peresmian, Jokowi dijadwalkan meresmikan sejumlah proyek lainnya seperti Rumah Sakit Mayapada, Rumah Sakit Hermina, Kawasan Serbaguna Pakuwon Group, dan SDN 02 Sepaku.

 

Setelah itu presiden bermalam di kawasan IKN di akhir kunjungan kerja hari keduanya. (Salsa Amalika)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: