Waspada 7 Penyakit pada Musim Hujan, Ada Asma Hingga Malaria

Waspada 7 Penyakit pada Musim Hujan, Ada Asma Hingga Malaria

Ilustrasi seorang wanita yang mengalami flu di musim hujan. -Kementerian Kesehatan RI-ayosehat.kemkes.go.id

HARIAN DISWAY- Musim hujan mulai terjadi di Indonesia pada bulan November ini. Tak jarang, berbagai jenis penyakit mulai menyerang setiap orang, baik anak-anak sampai lansia.

Mengutip dari laman Kementerian Kesehatan, pada saat terjadi peningkatan cuaca hujan, penyakit yang dianggap remeh sebagian orang seringkali muncul. Seperti, flu dan demam.

Selain itu, ada sejumlah penyakit lain yang biasa menyerang manusia pada musim penghujan. Bahkan ada penyakit yang dianggap serius karena bisa berakibat fatal bagi penderitanya bila tidak segera ditangani.

Kemenkes mengenalkan 7 penyakit yang langganan muncul pada musim penghujan, yakni:

1.  Asma

Bagi penderita asma perlu ekstra berhati-hati di tengah musim hujan. Hal itu dikarenakan hawa dingin memicu asma kambuh yang ditandai dengan mengi (sesak napas) dan napas pendek.

BACA JUGA: Musim Hujan, IDAI Ingatkan Peningkatan Risiko Penyakit Diare Pada Balita

2. Norovirus

Norovirus dikenal sebagai jenis virus yang menyebabkan penyakit flu perut yang mudah menular. Penyakit ini akan kambuh ketika hawa terasa dingin. Umumnya, penderitanya akan mengalami muntah parah.

3. Nyeri Sendi

Pada saat musim hujan, banyak orang yang mengeluhkan sendi terasa lebih kaku dan nyeri. Meskipun belum ada bukti hasil penelitian bahwa suhu dingin merusak sendi, Kemenkes meminta setiap orang untuk selalu waspada.

4. Serangan Jantung

Suhu udara yang berubah menjadi lebih dingin membuat tekanan darah meningkat. Hal itu dikarenakan jantung bekerja lebih berat untuk menjaga suhu tubuh. Maka dari itu, Kemenkes melaporkan banyak kasus serangan jantung di musim hujan.

5. Leptospirosis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: ayosehat.kemkes.go.id