Waspada 7 Penyakit pada Musim Hujan, Ada Asma Hingga Malaria

Waspada 7 Penyakit pada Musim Hujan, Ada Asma Hingga Malaria

Ilustrasi seorang wanita yang mengalami flu di musim hujan. -Kementerian Kesehatan RI-ayosehat.kemkes.go.id

Leptospirosis merupakan penyakit serius yang meliputi gangguan hati, gagal ginjal, meningitis, hingga kegagalan pernapasan. Gejala-gejala yang ditunjukkan pengidapnya, antara lain demam tinggi, sakit kepala, mual, muntah, mata merah, menggigil, otot betis sakit, dan sakit perut.

BACA JUGA: Ini 10 Gejala Tak Umum Penyakit Diabetes, Banyak yang Tak Menyadari

Di Indonesia, leptospirosis lebih dikenal masyarakat dengan sebutan “kencing tikus”. Orang yang terkena penyakit ini biasanya disebabkan akibat kontak langsung dengan tanah, air, atau makanan yang terbawa oleh banjir atau genangan air dan sudah bercampur dengan urine, darah, atau jaringan hewan yang terinfeksi bakteri. 

6.  Demam Berdarah Dengue (DBD)

Setiap orang pasti tahu datangnya musim hujan pertanda jumlah nyamuk akan semakin bertambah banyak, salah satunya nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk pembawa virus Dengue ini bisa mengakibatkan penderitanya merasakan sakit pada sekujur tubuh dan demam. 

Bila tidak segera diobati, penderitanya bisa mengalami komplikasi dan kerusakan pembuluh darah, yang mengarah pada pendarahan fatal dan kebocoran plasma.

7. Malaria

Selain DBD, malaria juga termasuk penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk anopheles yang telah infeksi parasit plasmodium. 

Penderitanya akan merasakan demam, sakit kepala parah, dan badan menggigil yang muncul 10-15 hari setelah nyamuk menggigit penderitanya. (Wehernius Irfon)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: ayosehat.kemkes.go.id