Tutup Forum R20 ISORA, Gus Yahya Bacakan 5 Butir Seruan Aksi Bersama Para Tokoh Agama Dunia

Tutup Forum R20 ISORA, Gus Yahya Bacakan 5 Butir Seruan Aksi Bersama Para Tokoh Agama Dunia

Ketum PBNU Gus Yahya membacakan 5 poin seruan aksi para tokoh agama dunia untuk mengatasi konflik dan krisis kemanusiaan -PBNU-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf menutup forum R20 Internasional Summit of Religious Authorities (ISORA) 2023.

Penutupan dilakukan dengan membacakan "R20 ISORA Call to Action", yakni daftar seruan aksi bersama para tokoh pemuka agama-agama di dunia untuk melakukan tindakan.

Pria yang akrab disapa Gus Yahya tersebut berharap bahwa apa yang dihasilkan dari Konferensi R20 ISORA akan menjadi suara yang mewakili aspirasi para peserta dan dapat didengar oleh banyak pihak.

"Kami, para pemuka agama, mempunyai kepentingan tersendiri agar wajah kami benar-benar hadir dalam kehidupan sehari-hari sesama umat manusia yang ada di wilayah kami. Kami memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan," kata Gus Yahya dalam sesi penutup R20 ISORA di Hotel Park Hyatt, Jakarta, Senin 27 November 2023.

BACA JUGA:Forkopimda Jatim Berangkatkan Bantuan Untuk Warga Palestina

Mengamati gejolak dunia saat ini yang dipicu oleh pertentangan kepentingan ekonomi dan politik, Gus Yahya menyatakan pentingnya para pemuka agama untuk benar-benar hadir dalam kehidupan sehari-hari umat manusia.

Berfokus pada tindakan nyata, Gus Yahya mengumumkan niatan Indonesia untuk menindaklanjuti hal ini dengan gerakan doa bersama lintas agama.

Dalam pembicaraannya dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), ia mengaku telah merinci gagasannya tentang inisiasi gerakan doa bersama yang melibatkan seluruh umat beragama di Indonesia.

Ia menjelaskan bahwa ide tersebut mencakup penyelenggaraan satu bulan doa, bukan hanya pada satu hari tertentu dan akan diikuti oleh umat beragama di sejumlah tempat di seluruh Indonesia.

Tujuannya adalah menciptakan gerakan bersama untuk meredakan gejolak dunia yang saat ini disebabkan oleh berbagai pertentangan kepentingan global.

BACA JUGA:Liga Muslim Dunia Serukan Semua Negara dan Organisasi Internasional Bersatu Hentikan Perang di Palestina

"Jadi, idenya adalah mengadakan satu bulan doa bukan sekadar satu hari, yang diikuti oleh seluruh umat beragama di Indonesia yang diadakan di berbagai tempat di seluruh negeri," jabarnya.

Daftar seruan aksi (Call to Action) R20 ISORA Call to dalam rangka menjadikan agama sebagai sumber solusi global adalah sebagai berikut:

1. Mengingat otoritas agama mempunyai tanggung jawab moral dan spiritual untuk memastikan bahwa agama mereka masing-masing berfungsi sebagai sarana saling pengertian dan rekonsiliasi, dan bukannya melanggengkan siklus primordial kebencian, tirani, dan kekerasan yang berbasis identitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: