Hamas Undang Elon Musk Kunjungi Gaza

Hamas Undang Elon Musk Kunjungi Gaza

Elon Musk saat berbicara dengan wartawan selama AI Safety Summit di Bletchley Park, Bletchley, Inggris pada 1 November 2023. Hamas mengundang Elon Musk pada Selasa, 28 November 2023 untuk mengunjungi Gaza, Palestina sebagai upaya dalam melihat tingkat keh-Leon Neal/Pool-Reuters

HARIAN DISWAY - Pejabat senior Hamas Osama Hamdan mengundang Elon Musk untuk mengunjungi Gaza, Palestina agar dia dapat melihat tingkat kehancuran pemboman Israel di wilayah tersebut. Hamdan mengundangnya pada Selasa, 28 November 2023.

"Kami mengundangnya untuk mengunjungi Gaza untuk melihat sejauh mana pembantaian dan penghancuran yang dilakukan terhadap rakyat Gaza, sesuai dengan standar objektivitas dan kredibilitas," kata Osama Hamdan dalam konferensi pers di Beirut, dikutip dari Reuters.

Untuk mendukung pernyataan tersebut, Hamdan menggambarkan kondisi yang terjadi di Gaza berupa pemboman yang dijatuhkan Israel tanpa henti.

"Dalam 50 hari, Israel menjatuhkan lebih dari 40.000 ton bahan peledak di rumah-rumah warga Gaza yang tak berdaya," katanya. 

"Saya menyerukan kepada Presiden AS Biden untuk meninjau kembali hubungan AS dengan Israel dan berhenti memasok senjata kepada mereka," tambah Hamdan.

BACA JUGA:Israel Berniat Serang Gaza Lagi Setelah Gencatan Senjata, Netanyahu: Sampai Menang!

Berbicara mengenai kehancuran Gaza akibat serangan Israel, Hamdan mengajak masyarakat internasional segera mengirim tim pertahanan sipil khusus untuk mengambil mayat yang masih terperangkap di bawah reruntuhan.

Akibat pemboman Israel yang sering dijatuhkan di Gaza, sebanyak ribuan orang masih terjebak dalam reruntuhan bangunan menurut Kementerian Luar Negeri Palestina.

Gencatan senjata yang berlangsung sejak Jumat, 24 November 2023 tersebut adalah penghentian pertama dalam perang Hamas-Israel yang dimulai sejak 7 Oktober 2023.

Serangan kejutan tersebut membuat Israel membombardir dan melancarkan serangan darat di Gaza Utara.

Sebanyak 16.000 warga Palestina terbunuh dan ratusan ribu orang mengungsi akibat serangan dari Israel, kata pejabat kesehatan Palestina.

BACA JUGA:Kisah Perjuangan Organisasi Kemanusiaan Caritas Internationalis di Palestina dalam Perang Hamas-Israel

Sebelumnya, Elon Musk bertemu Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Senin, 27 November 2023. Dalam pertemuannya, Elon Musk mengunjungi lokasi serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober 2023 di Kibbutz Kfar Aza, Israel.

CEO SpaceX tersebut juga diperlihatkan rekaman serangan Hamas dan bertemu dengan anggota keluarga yang pernah ditawan oleh Hamas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: