Santri Pasuruan Siap Ekspor: Gus Ipul Perkuat Program One Pesantren One Product

Santri  Pasuruan Siap Ekspor: Gus Ipul Perkuat Program One Pesantren One Product

Gus Ipul mengukuhkan tim penguatan dan pengembangan one pesantren one product-Lailiyah Rahmawati-

PASURUAN, HARIAN DISWAY - Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf, atau yang akrab disapa Gus Ipul, mengukuhkan Tim Penguatan dan Pengembangan Program OPOP Kota Pasuruan. Acara digelar di Pendopo Surga Surgi, lingkungan Rumah Dinas Walikota Kota Pasuruan, Rabu, 29 November 2023.

Gus Ipul menyampaikan bahwa OPOP (Orientasi Pesantren Produktif) merupakan peluang bagi Kota Pasuruan untuk mendorong pesantren agar lebih aktif dalam mengikuti program strategis dan terlibat aktif dalam pengembangan kegiatan ekonomi.

"Saat ini, pesantren harus melek teknologi dan ekonomi. Kramatnya pesantren tidak boleh hilang, karena aspek agama harus tetap menjadi fokus dalam konteks dakwah. Oleh karena itu, kita membutuhkan sumber daya lain yang dapat mendukung aspek ekonomi," ujarnya.

Gus Ipul menekankan bahwa beberapa waktu lalu, Nahdlatul Ulama (PBNU) bekerja sama dengan Shopee untuk mendorong santri agar dapat mengekspor produk secara mudah.

BACA JUGA:Pemkot Pasuruan Salurkan BLT dari Cukai Tembakau 2023, Segini Besarannya..

BACA JUGA:Budaya Kerja Berakhlak dan Berdampak Diserukan Gus Ipul Pada ASN dan PPPK Kota Pasuruan

Menurut Gus Ipul, inisiatif ini adalah bentuk konkret dukungan untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar dapat berkembang dan bersaing dengan produk lain.

"Ikuti pelatihan Santri Siap Ekspor! Dalam kesempatan ini, ada 1.000 santri yang dapat mengikuti program Santri Siap Ekspor dengan produk yang memenuhi syarat untuk diekspor," tambah Gus Ipul.

Sebagai penutup acara, Gus Ipul memberikan semangat kepada tim pengembangan dan penguatan OPOP Kota Pasuruan agar segera merilis program kerja.

Dengan harapan bahwa program-program tersebut dapat menghasilkan dampak nyata dalam pembinaan UMKM berbasis pondok pesantren untuk kemajuan yang lebih baik.

(Lailiyah Rahmawati)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: