Projecting Cities Bangkok and Surabaya, Karya Maket Arsitektur Mahasiswa dari 3 Negara

Projecting Cities Bangkok and Surabaya, Karya Maket Arsitektur Mahasiswa dari 3 Negara

Projecting Cities Bangkok and Surabaya, karya maket arsitektur mahasiswa dari 3 negara. Rully Damayanti (dua dari kiri) saat berdiskusi bersama mahasiswa tentang maket 3D kawasan Ngagel 30 tahun ke depan.-Petra Christian University-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Mahasiswa dari tiga negara saling berkolaborasi untuk merancang desain arsitektur kawasan Ngagel, Surabaya. Hasil desain mereka berupa maket berukuran 2x3 meter, tersaji dalam pameran bertajuk Projecting Cities: Bangkok and Surabaya yang digelar oleh Architecture PCU

Pameran itu memajang 12 desain kawasan, yang disajikan dalam bentuk maket berukuran 2x3 meter, beserta gambar dari desain kawasan, dan bangunan yang dibuat secara langsung oleh mahasiswa dari tiga negara.

Projecting Cities: Bangkok and Surabaya, merupakan kolaborasi Petra Christian University (PCU), Silpakorn University Thailand, dan Tunghai University Taiwan. Pameran itu berlangsung mulai 27 November hingga 12 Desember 2023, di gedung J01 kampus PCU.

BACA JUGA:Bisnis Menarik ala PCU di Manbision Festival 5.0 x Mr. Markett


Projecting Cities Bangkok and Surabaya, karya maket arsitektur mahasiswa dari 3 negara. Maket Ngagel 30 tahun ke depan, karya mahasiswa 3 negara yang dipamerkan di PCU.-Petra Christian University-

Tak hanya kawasan Ngagel, dosen Architecture PCU, Rully Damayanti, Ph.D., menjelaskan bahwa pameran itu juga menyajikan desain rancangan untuk site Bangkok, lebih tepatnya di daerah Silom.

“Selama satu semester, para mahasiswa dari tiga negara diminta untuk saling merencanakan dan mendesain bagian dari dua kawasan, hingga desain tiap bangunannya, seluas kurang lebih 30 hektar,” rinci Rully. 

Dosen sekaligus Dekan Faculty of Civil Engineering and Planning PCU itu menyebut bahwa pameran tersebut mengusung tema "Urban Gentrification". Kawasan Ngagel dipilih karena melihat sejarahnya sebagai bekas kawasan industri, yang sampai saat ini masih banyak bangunan mangkrak dan kosong. 

BACA JUGA:Gelar SFF 2023, PCU Ajak Pelajar Peduli Lingkungan

Itu membuat kawasan Ngagel seakan tak seirama dengan hingar bingar Kota Surabaya yang berkembang sangat dinamis. Padahal ada banyak potensi yang bisa dikembangkan.

“Para peserta harus merancang Master Plan kawasan Ngagel untuk 30 tahun ke depan, agar menjadi kawasan yang hidup dan mampu berperan dalam aktivitas ekonomi di Kota Surabaya,” tambah Rully. 


Projecting Cities Bangkok and Surabaya, karya maket arsitektur mahasiswa dari 3 negara. Para mahasiswa PCU melihat gambar 2D desain kawasan Ngagel, Surabaya.-Petra Christian University-

Project kolaborasi ketiga negara itu disebut sebagai "Immersion Studio".

BACA JUGA:PCU Universitas Satu-satunya di Jatim yang memiliki Lateral Hydraulic Jack

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: