Maruli Simanjuntak, Tiga Kali Jadi Tameng Jokowi

Maruli Simanjuntak, Tiga Kali   Jadi Tameng Jokowi

Ilustrasi Maruli Simanjuntak jadi tameng Jokowi. -Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

Dengan dilantiknya Maruli sebagai KSAD, kini petinggi TNI dan Polri yang berada di sekitar Jokowi adalah orang kepercayaanya. Mereka pernah bertugas di Solo. Atau, berdinas di Paspampres atau ajudan presiden.

Panglima TNI Agus Subianto juga geng Solo. Menjabat Dandim Solo (2009– 2011), saat Jokowi menjadi wali kota. Jenderal Agus juga pernah menjabat komandan Paspampres.

Begitu juga Kapolri Jenderal Listyo Sigit. Ia pernah menjabat kapolresta Solo (2011). Pernah juga menjadi ajudan Presiden Jokowi (2014).

Bahkan, Pj Gubernur Jateng Komjen (purn) Nana Sudjana adalah jenderal alumnus Solo. Ia pernah menjabat kapolresta Solo (2010), saat Jokowi menjadi wali kota.

Kini Jokowi benar-benar dibentengi orang-orang kepercayaannya. Menjadi sangat menarik di tahun politik.

Kini kita memiliki panglima TNI dan KSAD baru. Pilpres di depan mata. Bahkan, agenda kampanye sudah mulai. Rakyat menanti sikap profesional mereka sebagai alat negara.

Sebagai penutup tulisan ini, kita kutip  komentar Menko Polhukam Mahfud MD yang juga cawapres kubu Ganjar Pranowo mengenai pengangkatan Maruli: ”Itu hak presiden sebagai panglima tertinggi. Pak Maruli juga sudah memenuhi syarat. Sekarang kita dorong Pak Maruli bekerja dengan baik dan profesional.” (*)

 

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: