Ibu Hamil Bisa Cegah Bayi Tertular HIV, Begini Caranya

Ibu Hamil Bisa Cegah Bayi Tertular HIV, Begini Caranya

IBU hamil bisa cegah bayi tertular HIV, begini caranya.-Nandhu Kumar-Pexels

HARIAN DISWAY - Tes HIV menjadi salah satu tes yang wajib dilakukan oleh ibu hamil. Sebab, bunda dapat menularkan virus HIV ke bayi dalam kandungannya. Namun, penularan itu bisa dicegah.

Hal itu diungkapkan Anggota Dewan Pertimbangan PB IDI Prof. DR. Dr. Zubairi Djoerban, Sp.PD-KHOM. Ia menunjukkan sejumlah data dari Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Mei 2023 mengenai HIV pada ibu hamil dan anak di Indonesia.

"Pertama, dari data tersebut menampilkan bahwa 55 persen ibu hamil melakukan tes HIV, dan tes HIV membuktikan 0,3 persen atau sekitar 7.153 ibu hamil dinyatakan positif HIV," ujar Zubairi dalam media briefing IDI pada 30 November 2023. Atau sehari sebelum Hari AIDS Sedunia, 1 Desember 2023.

BACA JUGA: HIV/AIDS Bisa Dicegah dan Diobati

"Sayangnya, dari semua ibu hamil yang menjalani tes dan dinyatakan positif, hanya 24 persen ibu hamil yang mau rutin minum obat ARV," imbuhnya.


IBU hamil bisa cegah bayi tertular HIV, begini caranya. Foto: sampel darah tes HIV.-Pexels-

Masih dari data yang sama, Zubairi memaparkan terkait kondisi anak-anak Indonesia yang terjangkit HIV. "Kasus anak-anak usia 1-14 tahun yang terinfeksi HIV mencapai 14.150 anak. Kasus HIV pada anak-anak bertambah 700-1000 kasus per tahunnya," papar Zubairi.

Namun, Zubairi menegaskan bahwa ibu hamil bisa mencegah bayi dan anaknya tertular HIV. Caranya adalah melakukan tes secara berkala. Dan langsung melakukan antisipasi jika terindikasi positif HIV.

BACA JUGA: Yuk Mengenal HIV dan AIDS Lebih Dekat

Apa antisipasinya? Minum obat antiretroviral (ARV). Obat itu merupakan bagian dari pengobatan HIV dan AIDS. Salah satu manfaatnya adalah mengurangi risiko penularan HIV.

Bunda tidak perlu khawatir soal harga. Karena ARV disediakan secara gratis oleh pemerintah.

"Jika ibu hamil sudah mendeteksi HIV sejak dini, dan meminum obat ART sesegera mungkin, ada keberhasilan hingga 100 persen ibu hamil takkan menularkan HIV ke bayi di dalam kandungannya," tegas Zubairi.


IBU hamil bisa cegah bayi tertular HIV, begini caranya. Foto: seorang bayi di Afrika Selatan positif HIV karena tertular sang bunda.-ANNA ZIEMINSKI-AFP

Meskipun pencegahannya tergolong sederhana, praktiknya di lapangan tidak semudah itu. Lantaran banyak dijumpai ibu hamil yang tidak mau tes HIV. Sehingga tidak semua ibu hamil yang positif HIV bisa langsung minum obat ART.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenkes