Aktris Nanie Darham dan Sedot Lemak Mematikan

Aktris Nanie Darham dan Sedot Lemak Mematikan

Ilustrasi aktris Nanie Darham. Dia meninggal saat menjalani operasi sedot lemak di The Clinik, Cipete, Jakarta.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

Kematian aktris Nanie Darham setelah sedot lemak diselidiki polisi. ”Karena ada dugaan malapraktik, polisi koordinasi dengan MKDKI,” kata Kasatreskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Bintoro kepada pers Senin, 4 Desember 2023. Belum ada tersangka.

NANIE DARHAM meninggal di The Clinic, Jalan Cipete Utara, Jakarta Selatan, Sabtu petang, 21 Oktober 2023. Itu setelah dia menjalani proses operasi sedot lemak di klinik tersebut.

Berdasar undang-undang yang baru, penyidik tidak berkoordinasi dengan IDI seperti dulu, tetapi dengan MKDKI (Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Indonesia).

BACA JUGA: Diare Jadi Penyebab Kematian Balita, Virus Jadi Penyebab Utama Diare

BACA JUGA: Ini 10 Busana Aktris Terbaik di British Academy Film Awards 2023

AKBP Bintoro:  ”Kami sudah mengumpulkan bukti dan belasan saksi. Kami berkoordinasi dengan pihak MKDKI untuk mengetahui, apakah itu tindakan malapraktik atau bukan.”

Informasi yang dikumpulkan polisi, intinya, pada hari itu Nanie datang ke klinik bersama seorang teman wanita sekitar pukul 14.00 WIB. Nanie akan menjalani operasi sedot lemak.

Setelah operasi selama sekitar lima jam, kondisi vital Nanie tidak stabil. Lalu, dokter di klinik tersebut menyiapkan ambulans. Kemudian, Nanie dilarikan ke IGD RS dr Suyoto, Jakarta Selatan. Dokter di sana menyatakan, Nanie sudah meninggal sebelum tiba di RS.

Esoknya, Minggu, 22 Oktober 2023, pihak keluarga Nanie melapor ke Polres Jakarta Selatan, bahwa diduga terjadi malapraktik sehingga Nanie meninggal. Setidaknya, tidak ada keluarga yang menandatangani persetujuan operasi. Surat persetujuan operasi diteken Nanie sendiri dengan disaksikan perawat klinik.

Kronologi lengkap disampaikan kuasa hukum keluarga Nanie, Hartono Tanuwidjaja, dalam konferensi pers. Begini:

Nanie ibu dua anak. Anak pertama lelaki usia 3 tahun. Anak kedua perempuan usia 2 bulan saat Nanie meninggal.

Hartono: ”Awalnya, Nanie konsultasi dengan dokter di RS Brawijaya (Jalan Cipete, Jakarta Selatan) soal niat Nanie melakukan operasi sedot lemak. Dokter menyarankan, idealnya dilakukan paling cepat enam bulan pasca melahirkan. Saat itu Nanie baru sebulan lebih melahirkan anak kedua.”

Niat Nanie menjalani operasi sedot lemak sangat besar. Pada 6 Oktober 2023 kali pertama Nanie mendatangi klinik tersebut, diterima dokter Danu (inisial DM). Di situ DM memberikan gambaran tentang sedot lemak kepada Nanie.

Hartono: ”DM mengatakan kepada Nanie, untuk operasi sedot lemak tak perlu menunggu enam bulan pasca melahirkan. Lebih cepat lebih baik. Sebab, itu operasi kecil dan singkat. Pasien cuma dibius lokal. Pasien bisa menjalani operasi sambil main HP.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: