Capres Anies: Mari Kembali pada Cita-Cita Awal Pendiri Negeri

Capres Anies: Mari Kembali pada Cita-Cita Awal Pendiri Negeri

Capres Anies Baswedan di depan rumah pengasingan Bung Karno di Bengkulu.--

BENGKULU, HARIAN DISWAY - Capres nomor urut 1 Anies Baswedan menyempatkan diri mengunjungi Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu, Rabu, 6 Desember 2023. Selain melihat beberapa koleksi bersejarah dari presiden pertama Indonesia, Anies juga menyempatkan diri untuk cuci muka di sumur yang terletak di belakang rumah bersejarah tersebut.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu memiliki refleksi tersendiri usai mengunjungi rumah pengasingan Soekarno. Anies kagum atas para kaum terpelajar yang pada zaman itu. Mereka memperjuangkan sebuah negeri yang nantinya memberi kesempatan kepada semua untuk tumbuh berkembang. Bukan mementingkan pribadi dan golongan mereka sendiri.

“Republik ini didirikan oleh pribadi-pribadi terdidik, para intelektual, cendekiawan yang pikirannya itu dibentuk bukan hanya oleh bacaan tapi oleh pengalaman hidup. Mereka mengalami penindasan, mereka mengalami penahanan, dan mereka memiliki wawasan luas,” ujarnya

Mereka adalah anak-anak kaum berada dan mendirikan republik untuk semua. @Bukan untuk anaknya, bukan untuk kemenakannya , bukan untuk golongannya tapi untuk semua,” imbuhnya.

BACA JUGA:Anies Baswedan Canangkan Pasar AMIN untuk Siasati Harga Bahan Pokok, Apa Itu?

BACA JUGA:Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar Didukung Ulama dan Habaib se-Kalimantan Selatan

Pada momentum kunjungan tersebut, Anies juga mengajak serta semua untuk kembali pada cita-cita republik ini didirikan. Yakni menghadirkan keadilan bagi seluruh rakyatnya.

“Hari ini ke Bengkulu mampir ke tempat Bung Karno tinggal dari tahun 1938 sampai 1942. Kita ingin mengingatkan diri kami sendiri dan semuanya. Mari kita kembali pada cita-cita awal para pendiri Republik ini, mereka mendirikan Republik untuk menghadirkan keadilan sosial,” ajaknya.


Capres Anies Baswedan melihat koleksi di rumah pengasingan Bung Karno di Bengkulu.--

Lebih lanjut, Anies juga memiliki komitmen untuk bukan hanya melestarikan tetapi juga mengembangkan berbagai destinasi-destinasi bersejarah. Akan dilakukan perbaikan dan inovasi sehingga tempat bersejarah menjadi menarik untuk dikunjungi semua dan memberikan pelajaran serta inspirasi bagi generasi seterusnya.

“Yang kedua, komitmen bahwa kami sudah diamati maka tempat-tempat ini akan dirawat akan dikembangkan dan dibuat menjadi lebih menarik supaya lebih banyak lagi anak-anak muda yang berkesempatan untuk belajar,” tandasnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: