Anies Baswedan Canangkan Pasar AMIN untuk Siasati Harga Bahan Pokok, Apa Itu?

Anies Baswedan Canangkan Pasar AMIN untuk Siasati Harga Bahan Pokok, Apa Itu?

ANIES Baswedan canangkan Pasar AMIN untuk siasati harga bahan pokok, apa itu? Foto: Anies Baswedan disambut masyarakat saat tiba di Pasar Minggu Bengkulu, 6 Desember 2023. -Kedeputian Media dan Komunikasi Timnas AMIN-

BENGKULU, HARIAN DISWAY - Dari Kalimantan Selatan, Anies Baswedan melanjutkan safari politik ke Bengkulu. Ia berkunjung ke Pasar Minggu Bengkulu, Teluk Sagara, pada Rabu, 6 Desember 2023.

Kedatangan Anies disambut amat meriah oleh para pedagang dan pembeli di pasar. Mereka langsung berlomba curhat tentang harga kebutuhan pokok yang makin melambung.

"Para pedagang dan pembeli memiliki keluhan yang senada. Daya beli masyarakat rendah, sedangkan harga-harga (bahan pokok) meningkat," ungkap Anies Baswedan.

BACA JUGA: Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar Didukung Ulama dan Habaib se-Kalimantan Selatan

Bertepatan dengan kunjungannya ke pasar itu, ada beberapa komoditi yang harganya melonjak. Salah satuya adalah cabai merah keriting. Dampaknya dirasakan langsung oleh masyarakat setempat.


ANIES Baswedan canangkan Pasar AMIN untuk siasati harga bahan pokok, apa itu? Foto: Anies Baswedan berdialog dengan pedagang di Pasar Minggu Bengkulu-Kedeputian Media dan Komunikasi Timnas AMIN-

Selain harga bahan pokok yang makin tak terkedali, pedagang juga curhat soal kecilnya kesempatan mereka untuk mengembangkan usaha. Kendala mereka sama. Rata-rata tidak memiliki akses yang cukup terhadap permodalan.

Karena itu, Anies Baswedan mencanangkan Pasar AMIN sebagai salah satu solusi untuk pasar tradisional di Indonesia. Program itu diluncurkan di Pasar Minggu Bengkulu tersebut.

BACA JUGA: Anies Baswedan Dicurhati Pedagang Pasar Baru Karawang Soal Harga Sembako

BACA JUGA: Anies Baswedan ke Rumah Proklamasi Kemerdekaan di Karawang, Janji Biayai Perawatan Situs Bersejarah

Apa itu Pasar AMIN? Rupanya, program itu ada singkatannya. Yakni A (Alhamdulillah laris), M-(modalnya gampang), I (irit biayanya), dan N (nyaman tokonya).

"Jadi, kami menyiapkan program untuk pasar. Pasar itu para pedagangnya punya akses pada kredit lebih mudah,"  ungkap Anies.

" Akses kredit itu sekarang memang mudah bagi usaha besar. Tapi usaha kecil, mikro, selalu kesulitan. Maka kita ingin melakukan perubahan di situ,"  lanjut capres yang diusung Nasdem, PKS, dan PKB tersebut.

BACA JUGA: Disambut Lautan Santri, Anies Ingin Pesantren dan Sekolah Negeri Setara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: