Anies Baswedan ke Rumah Proklamasi Kemerdekaan di Karawang, Janji Biayai Perawatan Situs Bersejarah

Anies Baswedan ke Rumah Proklamasi Kemerdekaan di Karawang, Janji Biayai Perawatan Situs Bersejarah

ANIES Baswedan ke rumah Proklamasi di Karawang, janji biayai perawatan situs bersejarah. -Tim Media AMIN-

HARIAN DISWAY - Capres nomor urut 1 Anies Baswedan berkunjung ke Karawang, Jawa Barat, pada Senin, 4 Desember 2023. Selain menyapa warga, ia sempat mengunjungi rumah Djiauw Kie Siong.

Rumah itu sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia. Di rumah itulah Soekarno dan Mohammad Hatta membacakan teks Proklamasi yang menandai kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Anies Baswedan ditemui oleh cucu Djiauw Kie Siong yang bernama Suyanto. Ia melihat-lihat setiap sudut rumah yang masih lengkap dengan berbagai ornamen bersejarah.

BACA JUGA: Disambut Lautan Santri, Anies Ingin Pesantren dan Sekolah Negeri Setara

Ada foto-foto Bung Karno dan Bung Hatta dalam berbagai ukuran yang dipasang di beberapa sisi dinding. Memperlihatkan bahwa Djiauw Kie Siong sangat dekat dengan kedua tokoh pendiri bangsa tersebut.


ANIES Baswedan ke rumah Proklamasi di Karawang, janji biayai perawatan situs bersejarah.-Tim Media AMIN-

"Salah satu agenda perubahan yang kami bawa adalah memperhatikan tempat-tempat bersejarah di tanah air," kata Anies Baswedan.

Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta itu, negara harus turun tangan langsung mengurus aset-aset bersejarah. Caranya, ya dengan membiayai perawatannya.

BACA JUGA: Istri Anies Baswedan Fery Farhati Dicurhati Perajin Tahu Cibuntu Soal Harga Kedelai

BACA JUGA: Anies Sambangi Nelayan Kronjo, Mereka Titip 5 Aspirasi Ini.

Selama ini, tempat-tempat bersejarah yang masih berstatus milik pribadi dibebankan kepada anak cucu atau ahli waris pemilik. Padahal, seharusnya pemerintah hadir dalam memelihara aset-aset tersebut.

"Tempat-tempat bersejarah ini bisa jadi pelajaran bagi anak-anak baru kita. Karena tempat bersejarah harus terus menjadi memori kolektif bagi seluruh rakyat Indonesia," jelas Anies.


ANIES Baswedan ke rumah Proklamasi di Karawang, janji biayai perawatan situs bersejarah.-Tim Media AMIN-

Ia sudah menjalankan kebijakan yang sama selama menjabat gubernur DKI. Respons dari pihak keluarga pahlawan sangat positif. "Di Jakarta, kami lakukan untuk (keluarganya) yang berjasa untuk Republik ini. PBB (pajak bumi dan bangunan) rumahnya digratiskan," papar Anies.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: