Waspada Mycoplasma Penumonia Rentan Menyerang Anak, Mari Kenali Gejalanya

Waspada Mycoplasma Penumonia Rentan Menyerang Anak, Mari Kenali Gejalanya

Mycoplasma Pneumoniae rawan menyerang anak, pelajari cara mencegahnya.-iStock-

HARIAN DISWAY – Beberapa hari terakhir masyarakat diresahkan dengan munculnya penyakin pneumonia yang disebabkan oleh bakteri mycoplasma pneumonia. Bakteri tersebut diduga sebagai pemicu wabah pneumonia misterius yang menyerang anak-anak di Tiongkok.

Bakteri tersebut ternyata juga telah sampai di Indonesia. Imran Pambudi, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebutkan bahwa pihaknya telah menerima tiga laporan kasus Penumonia akibat bakteri Mycoplasma pada pasien anak.

Mengenal Mychoplasma Pneumoniae

Mengutip dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), Mycoplasma pneumoniae merupakan bakteri yang pada umumnya mampu menyebabkan infeksi ringang pada pernapasan.  Namun, bakteri ini juga bisa menyebabkan infeksi paru-paru yang lebih serius sehingga perlu penangan di rumah sakit.

BACA JUGA: Pneumonia Pada Anak Merebak di Tiongkok, IDAI: Bukan Bakteri Baru

Gejala Mycoplasma Pneumoniae

Penderita Mycoplasma Pneumoniae biasanya mengalami gejala ringan seperti batuk dalam beberapa minggu. Kemudian gejalanya akan terasa semakin parah jika tidak segera diobati. Berikut beberapa gejala yang umum dirasakan.

• Sakit tenggorokan

• Batuk yang memburuk dan bisa berlangsung selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan

• Mudah merasa lelah

• Demam

• Sakit kepala

Dalam beberapa kasus anak-anak dibawah usia lima tahun menjukkan gejala infeksi Mycoplasma Pneumoniae yang berbeda. Gejala tersebut di antaranya:

• Bersin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber