Siap Hadapi Puncak Musim Hujan, Kepala BNPB Cek Kesiapan Kendaraan Penanganan Bencana

Siap Hadapi Puncak Musim Hujan, Kepala BNPB Cek Kesiapan Kendaraan Penanganan Bencana

Siap hadapi puncak musim penghujan, Kepala BNPB cek kesiapan kendaraan penanganan bencana.--

HARIAN DISWAY – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto beserta jajaran pejabat tinggi di lingkungan BNPB melakukan pengecekan kesiapan kendaraan penanggulangan bencana di Gedung Logistik dan Peralatan BNPB, Kawasan INA DRTG Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Jumat, 8 Desember 2023. 

Pengecekan dilakukan dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan peralatan maupun kendaraan untuk menghadapi musim hujan yang diprediksi puncaknya terjadi hingga Februari 2024.

“Prediksi BMKG akhir 2023 dan awal 2024 curah hujan sangat lebat. Tentu saja kita perlu meningkatkan kesiapan peralatan dan personil,” tutur Suharyanto.

BACA JUGA: Hadapi Musim Penghujan, Cek Kesiapan EWS di 5 Titik Dam di Probolinggo

Suharyanto mencoba kendaraan dan mengamati secara detail untuk memastikan kendaraan yang dimiliki BNPB dapat berfungsi dengan baik untuk menjalankan tugas kedaruratan bencana. 

Kendaraan pertama yang diamati ialah mobil tangki air yang berguna untuk menampung air bersih yang dapat digunakan pada wilayah bencana.

Ia mencoba secara langsung dengan menyetir mobil tangki air tersebut. “Oke ini berfungsi, bagus,” lanjutnya setelah mengendarai dan mengamati mobil tangki air.


Kepala BNPB mencoba secara langsung mobil penampung air bersih. --

Selanjutnya Suharyanto mencoba truk toilet darurat yang berguna saat bencana karena keterbatasan toilet sehingga dapat digunakan oleh masyarakat maupun pengungsi.

Lalu disimulasikan penyelamatan dengan menggunakan alat-alat yang ada di mobil Urban Search And Rescue (USAR).

Misalnya alat untuk mengebor beton ataupun reruntuhan bangunan, alat penjepit untuk mengangkat material keras dan berat, serta ban karet seperti dongkrak yang biasa digunakan untuk mengganjal beban-beban berat.


Kepala BNPB meninjau boat yang disiapkan untuk menghadapi musim penghujan. --

Mobil dapur umum tidak luput dari perhatian Suharyanto. Sebab ketika terjadi bencana sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan logistik pengungsi.

“Mobil ini sangat penting. Mobil dapur ini dapat mendekati pengungsian untuk mempermudah pemenuhan kebutuhan pangan,” ujar lelaki berbaju biru itu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: press realease bnpb