Soal HAM, Capres Prabowo Sudah Kebal

Soal HAM, Capres Prabowo Sudah Kebal

Ilustrasi Capres Prabowo Subianto jelang debat capres yang digelar KPU. Soal HAM, Prabowo sudah kebal.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

Debat capres digelar KPU pada Selasa nanti malam, 12 Desember 2023. Topik, antara lain, soal HAM. Capres Prabowo Subianto pasti diserang soal penculikan mahasiswa 1998. Uniknya, Prabowo sudah lima kali ini ikut kontestasi pilpres. Atau, sudah seperempat abad ia ”pengalaman” diserang soal HAM.

SEKARANG ada inovasi dari tim sukses pasangan capres-cawapres Prabowo-Gibran bernama Tim Kampanye Nasional (TKN) soal itu. Mereka malah mengumpulkan para aktivis 1998 jelang debat capres.

Jadi, logika pihak TKN kira-kira begini: daripada Prabowo menghindari serangan soal HAM, lebih baik sekalian menghadirkan para aktivis 1998 yang pernah diculik.

BACA JUGA: Prabowo Minta Relawan Jalankan Kampanye dengan Sopan dan Hormat: Usai Beri Gagasan Gak Papa Joget!

BACA JUGA: Jelang Debat KPU, TKN Prabowo-Gibran Kumpulkan Aktivis 98

Para aktivis itu sudah dihadirkan di konferensi pers di Jakarta, Senin, 11 Desember 2023. Mereka juga bakal hadir di debat capres Selasa. Mereka adalah Budiman Sudjatmiko, Andi Arief, dan Agus Jabo. Konferensi pers dipimpin Sekretaris TKN Nusron Wahid.

Di sana Nusron menjelaskan, topik debat capres ada enam: masalah hukum, HAM, korupsi, pemerintahan, demokrasi, serta penanganan disinformasi dan kerukunan warga

Nusron: ”Selalu akan muncul pertanyaan soal HAM. Karena setiap lima tahun sekali, setiap Pak Prabowo ikut pilpres, selalu dikaitkan dengan masa lalu Pak Prabowo. Hubungan masa lalu Pak Prabowo dengan Pak Budiman Sudjatmiko.”

BACA JUGA: Survei Indikator: Prabowo-Gibran Ungguli Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud

BACA JUGA: Hasil Surve LSI:: Prabowo-Gibran Unggul, Bisa Satu Putaran?

Maka, kali ini sengaja ditampilkan para aktivis itu jelang debat capres. Tapi, semua aktivis ’98 yang ditampilkan itu pendukung Prabowo-Gibran.

Nusron memperkenalkan para aktivis. ”Di sebelah kiri itu, Budiman Sudjatmiko. Terus di sebelahnya adalah Irma Hutabarat, aktivis pegiat antikorupsi dan salah seorang pendiri ICW. Ada juga itu, Andi Arief yang korban penculikan pada tahun itu (1998) bersama-sama Budiman. Juga, korban penculikan lainnya, Agus Jabo di sebelahnya.”

Hadir juga pegiat HAM Natalius Pigai dan aktivis NGO Rachland Nashidik. Mereka semua seolah representasi para aktivis HAM. Sudah berkumpul di kubu Prabowo-Gibran. Mau apa lagi?

BACA JUGA: Survei Indikator: Pasangan Prabowo-Gibran Unggul Signifikan, Raih Suara 45,8 persen dalam Simulasi 3 Pasangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: