Tingkatkan Akses Fasilitas Kesehatan, IDI Berikan Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan Gratis di Pulau Gag

Tingkatkan Akses Fasilitas Kesehatan, IDI Berikan Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan Gratis di Pulau Gag

Ketua Umum PB IDI DR Dr Moh Adib Khumaidi, SpOT ikut membantu proses sirkumsisi (sunat) pada anak di Pulau Gag. --Siaran Pers IDI

Adapun, 11 dokter spesialis yang turut disertakan yang terdiri dari 2 dokter spesialis anak, 2 internis, 2 dokter spesialis kandungan, 1 dokter spesialis THT, 1 dokter spesialis mata, 1 dokter spesialis ortopedi, 1 dokter spesialis gizi klinik, 1 dokter anestesi, dan 1 dokter spesialis bedah.

BACA JUGA: PB IDI Ingatkan Proses Pemeriksaan Kesehatan Capres Cawapres Agar Independen dan Imparsial

Bakti sosial IDI ini mencakup pemeriksaan fisik menyeluruh bagi penduduk sekitar Pulau Gag yang mencakup pemeriksaan mata dan kesehatan, serta penilaian fungsi organ seperti jantung, paru-paru, sistem pencernaan, pemeriksaan darah berupa hemoglobin, gula darah, kolesterol, malaria, dan asam urat.

Dalam pemeriksaan, rata-rata permasalahan kesehatan yang ditemui antara lain diabetes, stunting atau kekurangan gizi, diare, katarak, mata rabun yang diberikan kacamata gratis, masalah pendengaran yang kemudian diberikan alat bantu dengar secara gratis, serta juga dilakukan tindakan sunat pada sejumlah anak.

“Pemeriksaan dan tes kesehatan pada tahap awal penyakit dapat membantu menyembuhkan penyakit lebih cepat dan menyelamatkan nyawa sebelum menyebabkan kerusakan apa pun,” ujar Adib. 

“Seseorang dapat hidup lebih lama dan lebih sehat hanya jika individu tersebut mendapatkan pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan, dan pengobatan yang tepat. Bahkan pemeriksaan paling dasar pun dapat mengidentifikasi penyakit yang mendasarinya,” pungkas Adib. (Wehernius Irfon)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: siaran pers idi