Tingkatkan Akses Fasilitas Kesehatan, IDI Berikan Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan Gratis di Pulau Gag

Tingkatkan Akses Fasilitas Kesehatan, IDI Berikan Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan Gratis di Pulau Gag

Ketua Umum PB IDI DR Dr Moh Adib Khumaidi, SpOT ikut membantu proses sirkumsisi (sunat) pada anak di Pulau Gag. --Siaran Pers IDI

HARIAN DISWAY- Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Sorong dan IDI Cabang Raja Ampat mengadakan bakti sosial untuk masyarakat umum pada 9-10 Desember 2023 di Pulau Gag, Kabupaten Raja Ampat, Papua.

Pulau Gag merupakan wilayah terluar provinsi barat daya dan lebih dekat dengan Halmahera. Di pulau Gag, hanya ada Pustu dan tidak ada dokter. 

Dalam bakti sosial tersebut, pihak IDI memberikan pelayanan kesehatan secara gratis seperti pelayanan sirkumsisi (sunat), pelayanan KB IUD dan implant, pemberian kacamata baca, pemberian alat bantu dengar, pelayanan manajemen nyeri, dan konsultasi gizi klinik. 

Selain itu, ada juga pelayanan gratis lain yang diberikan IDI antara lain penyuluhan kesehatan, pemeriksaan ibu hamil dengan USG, serta pemeriksaan darah (Hb, Gula darah, kolesterol, malaria, asam urat).

Semua pelayanan yang diberikan dilakukan oleh para dokter spesialis dan dokter umum dari IDI Cabang Sorong.

BACA JUGA: Di Manakah Peran IDI Menjaga Ketahanan NKRI?

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia DR Dr Moh. Adib Khumaidi, SpOT turut hadir dalam kegiatan tersebut dan mengatakan bahwa bakti sosial ini merupakan kegiatan prioritas dan rutin diadakan oleh IDI cabang di seluruh Indonesia.

Menurut Adib, melalui diadakannya kegiatan bakti sosial ini, IDI berperan aktif mendekatkan pelayanan spesialistik agar dapat menjangkau masyarakat yang tinggal di wilayah yang jauh dari fasilitas kesehatan.

Melalui penuturan Adib, bakti sosial pemeriksaan kesehatan dari IDI bertujuan untuk meningkatkan kesadaran di kalangan masyarakat yang tidak memiliki akses terhadap layanan kesehatan dasar.

Selain itu, kata Adib, tujuan lainnya untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kesehatan atau tentang penyakit yang mereka derita dan merujuk mereka untuk perawatan khusus atau pembedahan kapanpun diperlukan. 

BACA JUGA: Siagakan Tenaga Kesehatan Dokter, IDI Siap Tangani Korban Bencana Erupsi Gunung Marapi

“Hampir setiap minggu, selalu ada IDI cabang yang mengadakan bakti sosial berupa pengobatan gratis oleh dokter umum dan dokter spesialis, terutama di wilayah yang masih memilki keterbatasan akses fasilitas kesehatan,” kata Adib pada 11 Desember 2023 di Sorong, Papua. 

“Dengan bakti sosial ini, para dokter juga dapat melakukan skrining awal terhadap permasalahan kesehatan dan melakukan rujukan apabila diperlukan, sebelum masalah kesehatan kecil menjadi serius,” imbuhnya.

Ketua IDI Cabang Sorong, Dr. Tumpal Simatupang, SpTHT-KL menyampaikan bahwa dalam kegiatan bakti sosial kali ini melibatkan 7 dokter umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: siaran pers idi