Thome Haye: Gelandang Belanda Keturunan Solo-Sulawesi Ingin Bela Timnas Indonesia

Thome Haye: Gelandang Belanda Keturunan Solo-Sulawesi Ingin Bela Timnas Indonesia

Pemain asal Belanda, Thom Haye bersedia bergabung Timnas Indonesia.-Twitter @ scHeerenveen-

HARIAN DISWAY -  Pemain SC Heerenveen, Thom Jan Marinus Haye secara terbuka menyatakan keinginannya untuk membela Timnas Indonesia melalui jalur naturalisasi.

Pemain kelahiran  9 Februari 1995 itu adalah pesepakbola profesional Belanda keturunan Indonesia. 

Thom Haye memiliki darah Indonesia dari kakek dan neneknya. Sang  kakek berasal dari Solo dan nenek dari Sulawesi.

Sesuai regulasi FIFA, jika kabar tersebut benar, Thom Haye memenuhi syarat untuk membela Timnas Indonesia. Alias bisa dinaturalisasi.

Timnas Indonesia, yang saat ini sedang aktif melakukan naturalisasi pemain keturunan dari luar negeri, dapat mendapatkan amunisi baru dengan potensi bergabungnya Thom Haye.

Dalam upaya memperkuat skuadnya, Timnas Indonesia baru-baru ini berhasil merekrut Justin Hubner dari klub Wolverhampton.

Program naturalisasi yang kini difokuskan pada pemain keturunan juga diawasi ketat oleh pelatih Shin Tae-yong, yang harus memberikan persetujuan untuk setiap pemain yang dinaturalisasi.

Thom Haye, yang sejak lama menyatakan minatnya untuk bermain untuk Timnas Indonesia, kembali mengungkapkan hasratnya dalam wawancara dengan ESPN Belanda.

BACA JUGA:Bek Wolves Justin Hubner Resmi Dinaturalisasi: Duet Bek Eropa Bersama Elkan Baggot

BACA JUGA:PSSI Rencana Naturalisasi Ragnar Oratmangoen, Ini Profil dan Data Dirinya

"Ya, itu (bermain untuk Timnas Indonesia) akan terasa menyenangkan dan bakalan terjadi. Saya yakin hal itu masih bisa terjadi. Itu akan sangat bagus," ucap Thom Haye.

Performa Thom Haye bersama SC Heerenveen juga patut diperhatikan. Sejak direkrut pada Januari 2022, dia tampil konsisten dan menjadi salah satu pemain kunci di lini tengah.

Pada musim 2023/2023, Thom Haye telah memainkan 13 laga sebagai pemain inti, hanya absen satu kali akibat sanksi akumulasi kartu merah.

Meskipun berposisi sebagai gelandang bertahan atau tengah, Thom Haye telah mencetak dua gol dalam 13 laga Eredivisie.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: