Masuki Era Big Data, Bagaimana HCMS LinovHR Bantu Tugas HR Lebih Strategis

Masuki Era Big Data, Bagaimana HCMS LinovHR Bantu Tugas HR Lebih Strategis

Staf sedang menggunakan Human Capital Management System (HCMS).--

Analisis data adalah alat penting bagi manajer SDM untuk mengevaluasi kinerja dan perilaku karyawan. HCMS dapat menyediakan banyak data bagi HR, yang dapat dianalisis untuk mengidentifikasi tren dan pola.

Sebagai contoh, HR dapat menggunakan analisis data untuk mengidentifikasi tingkat pergantian karyawan, masa kerja rata-rata karyawan, dan efektivitas berbagai program pelatihan.

4. Data Real-time untuk Mengidentifikasi Masalah

HCMS juga dapat menyediakan data real-time kepada manajer HR, sehingga memungkinkan mereka untuk mengidentifikasi masalah-masalah potensial dengan cepat dan mengambil tindakan perbaikan.

Sebagai contoh, jika seorang karyawan secara konsisten melewatkan tenggat waktu atau berkinerja buruk, HR dapat menggunakan analisis data untuk mengidentifikasi akar penyebab masalah dan mengembangkan rencana untuk mengatasinya.

5. Membantu Proses Rekrutmen Lebih Tepat

Area penting lainnya di mana HR dapat menggunakan analisis data adalah dalam proses rekrutmen. HCMS dapat menyediakan data berharga mengenai demografi kandidat, keahlian, dan tingkat pengalaman, yang dapat membantu HR membuat keputusan yang lebih tepat dalam perekrutan.

Dengan menganalisis data ini, HR dapat mengidentifikasi saluran rekrutmen yang paling efektif, tingkat keberhasilan berbagai kampanye rekrutmen, dan tingkat retensi karyawan baru.

Melihat peran pentingnya HCMS di dalam era big data ini, jadi tugas penting bagi perusahaan untuk dapat memilih software HR yang dapat memfasilitasi HR untuk mengakses data yang kaya.

Tidak sampai situ, data pun harus mudah diakses dan dapat dimengerti dengan mudah. Sehingga benar-benar bisa dipergunakan secara optimal dalam tugas strategis HR.

Salah satu yang terbaik dan memfasilitasi kemampuan ini adalah Software HR LinovHR.

Software HR LinovHR merupakan Human Capital Management System (HCMS) all-in one yang membantu manajemen sumber daya manusia dari hire to retire berbasis cloud.

Salah satu kekuatan dan keunggulan yang ditawarkan LinovHR adalah akses ke berbagai data karyawan yang mudah dan fleksibel. Di mana setiap modul sudah terintegrasi dan di dalamnya telah dilengkapi fitur report yang bisa HR unduh serta dashboard yang menampilkan data real-time.

Mulai dari modul Organization Management, yang memberikan data mengenai struktural perusahaan dan modul Personnel Management yang menyimpan data karyawan dengan lengkap mengikuti employee life cycle. Ini tentu bisa menjadi data berharga untuk melihat kondisi organisasi secara umum.

Lalu, tersedia modul Payroll yang tidak hanya membantu menghitung gaji dengan cepat dan akurat, tapi juga menyediakan laporan penggajian yang bisa digunakan untuk keperluan audit dan penyusunan paket kompensasi karyawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: