WTF 2023: Kandas di Semifinal, Fajar/Rian Gagal Raih Gelar Penutup Tahun

WTF 2023: Kandas di Semifinal, Fajar/Rian Gagal Raih Gelar Penutup Tahun

Fajar Alfian/M. Rian Ardianto gagal melaju ke babak puncak BWF World Tour Finals 2023 setelah kalah dari Liang Wei Keng/Wang Chang-PBSI-

HARIAN DISWAY – Harapan Fajar Alfian/M. Rian Ardianto untuk melaju ke babak puncak BWF World Tour Finals 2023 pupus. Fajar/Rian kandas di semifinal. Mereka takluk dari Liang Wei Keng/Wang Chang 22-20, 12-21, 21-16 pada Sabtu, 16 Desember 2023.

“Kami membuka dengan manis dengan juara di Malaysia Open tapi tidak berhasil meraih gelar di penutupnya. Tidak mengapa karena tetap ada perkembangan lumayan bagus di sini setelah hasil mengecewakan di beberapa turnamen sebelumnya,” ujar Fajar selepas laga.

Pertandingan melawan Liang/Wang di Hangzhou Olympic Sports Centre Gymnasium itu menjadi pertemuan yang keempat. Dengan kekalahan Fajar/Rian ini, kedudukan mereka menjadi imbang 2-2.

Dominasi Liang/Wang memang terlihat sejak game pertama. Meski terjadi running poin, Fajar/Rian tidak bisa lepas dari tekanan Liang/Wang.

Pada game kedua, Fajar/Rian membuka harapan dan membuat Liang/Wang tak berkutik. 

BACA JUGA:WTF 2-23: Kalah dari Juara Dunia 2023, Fajar/Rian Tetap Lolos Sebagai Juara Grup

BACA JUGA:WTF 2023: Meski Tak Lolos Semifinal, Gregoria Mempertajam Rekornya Atas Kim Ga-eun

Tetapi momentum itu tidak berlanjut game penentuan. Fajar/Rian justru kehilangan arah.

Mereka tidak bisa berbuat banyak menghadapi pemain nomor satu dunia tersebut. Setelah jeda interval, sebenarnya Fajar/Rian berhasil memangkas margin menjadi 12-11.

“Dari game ketiga kami banyak melakukan kesalahan sendiri. Bisa dibilang kalah start. Lawan juga sudah siap dan fokus untuk menyerang,” imbuh Rian.

Dalam BWF World Tour Finals 2023 ini Fajar/Rian meraih dua kemenangan dan dua kekalahan. Dua kemenangan dicatat dalam laga awal penyisihan grup.

Mereka mengalahkan Bagas Maulana/M. Shohibul Fikri dan Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen. Tetapi kalah dari Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae.

Meski kalah, Kang/Seo tetap lolos ke semifinal sebagai runner up grup. Kang/Seo justru bisa melanjutkan perjalanan ke laga final. Mereka berhasil mengalahkan juara bertahan Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi 21-13, 21-12.

Fajar/Rian sendiri mengaku tetap puas dengan performa mereka di BWF World Tour Finals 2023. “Tadi juga sudah mengeluarkan yang maksimal. Semoga tahun 2024 kami bisa mencapai peak performance di Olimpiade Paris nanti, dijauhkan dari cedera dan keberuntungan memihak kami,” imbuh Fajar. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: