WTF 2023: Gagal Tempatkan Wakil di Final, PP PBSI Hanya Bilang Begini

WTF 2023: Gagal Tempatkan Wakil di Final, PP PBSI Hanya Bilang Begini

Kabid Binpres PP PBSI Rionny Mainaky (kiri) dan pelatih Indra Wijaya (kanan) saat mendampingi tim di BWF World Toru Finals 2023-Raphael Sachetat/Badminton Photo-

HARIAN DISWAY - Untuk kali pertama sejak 2018, Indonesia gagal menempatkan wakil di laga puncak BWF World Tour (WTF) Finals.

Wakil ganda putra, Fajar Alfian/M Rian Ardianto, serta bintang tunggal putra Jonatan Christie kandas di semifinal pada Sabtu, 16 Desember 2023. Padahal PBSI menargetkan mereka lolos ke final.

"World Tour Finals adalah ujian akhir tahun ini. Kami belum berhasil karena hanya dua sektor yang mencapai semifinal," ucap Kabid Binpres PP PBSI Rionny Mainaky pada Minggu, 17 Desember 2023. "Ditargetkan final belum mampu mencapai," imbuhnya.

BACA JUGA:WTF 2023: Kandas di Semifinal, Fajar/Rian Gagal Raih Gelar Penutup Tahun

BACA JUGA:WTF 2-23: Kalah dari Juara Dunia 2023, Fajar/Rian Tetap Lolos Sebagai Juara Grup

Dalam BWF WTF 2023, Indonesia meloloskan enam wakil dari empat sektor. Selain Fajar/Rian dan Jonatan Christie, yang berlaga di turnamen ini adalah Anthony Sinisuka Ginting, Gregoria Mariska Tunjung, M Shohibul Fikri/Bagas Maulana, dan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti.


WTF 2023: Gagal Loloskan Wakil ke Final, PP PBSI Hanya Bilang Begini. Foto: Jonatan Christie tampil di semifinal BWF WTF 2023, Sabtu, 16 Desember 2023.-Deri Destan-PP PBSI

PBSI menargetkan semua wakil tersebut untuk lolos ke babak final WTF 2023. Hanya Apri/Fadia yang tidak diberi target khusus. Karena kondisi Apri belum 100 persen fit pasca cedera. Namun, keempat wakil itu tidak lolos dari fase penyisihan grup.

Ginting dan Gregoria menempati posisi ketiga di masing-masing grup. Fikri/Bagas tidak mencatat kemenangan. Sedangkan Apri/Fadia kalah dua kali dan menang sekali. Tetapi kemenangan Apri/Fadia tidak tercatat. Karena Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara mengundurkan diri.

BACA JUGA:WTF 2023: Meski Tak Lolos Semifinal, Gregoria Mempertajam Rekornya Atas Kim Ga-eun

Jonatan lolos sebagai runner-up grup B. Ia berhasil menghindari Viktor Axelsen yang juga menjadi runner-up Grup A. Namun, di babak semifinal di Hangzhou Olympic Sports Gymnasium itu, ia takluk dari Shi Yu Qi 16-21, 15-21.

Begitu juga dengan Fajar/Rian. Pasangan ganda putra terbaik Indonesia itu lolos dengan status juara grup. Mereka merebut dua kemenangan dan kalah sekali.


WTF 2023: Gagal Loloskan Wakil ke Final, PP PBSI Hanya Bilang Begini. Foto: Fajar/Rian tampil di semifinal BWF WTF 2023, Sabtu, 16 Desember 2023.-Deri Destan-PP PBSI

Namun, di semifinal, mereka harus mengakui keunggulan rising star Tiongkok, Liang Wei Keng/Wang Chang 20-22, 21-21, dan 16-21 di babak semifinal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: