Dari Semarang ke Gyeongju demi Suga (2): Melihat Suga Menangis

Dari Semarang ke Gyeongju demi Suga (2): Melihat Suga Menangis

Bersama Suga, RM menyanyikan lagu Strange. Disusul lagu terbaru RM yang belum pernah dirilis sehingga tidak berjudul. -Sylvia Tanumihardja-

HARIAN DISWAY - Kongres Nasional Persatuan Dokter Spesialis Neurologi Indonesia (PERDOSNI) di Semarang 2-6 Agustus 2023 dan konser Suga di Seoul pada 6 Agustus 2023 sama pentingnya buat saya. Untung dua momen itu bisa saya ikuti. Selain melihat Suga saya sempatkan wisata tipis-tipis.

Di pintu masuk Olympic Gymnastic Arena (KPSO dome) pada 6 Agustus 2023, lokasi konser Suga/Agust D Tour ’D-Day’ the Final pada 4-6 Agustus 2023, saya mengantre untuk masuk sesuai nomor.  

Sebenarnya saya kepanasan. Tapi tidak berani banyak minum. Takut ingin ke kamar kecil saat soundcheck berlangsung. Rugi dong. ARMY yang mendapat tiket VIP memang memiliki kesempatan untuk menyaksikan soundcheck Suga di panggung sebelum pertunjukkan. 

Momen inilah yang ditunggu-tunggu ARMY karena dapat menyaksikan idolanya dengan pakaian santai tanpa make-up menyanyikan beberapa potongan lagu. Benar. Saat itu Suga mengenakan kaos putih bergambar wajah bertuliskan butterBTSKpop dan celana hitam layaknya pemuda kebanyakan. 
Ada J Hope dan Jin yang sedang wamil memberi salam hormat dari barisan bangku penonton. -Sylvia Tanumihardja-

Akhirnya konser terakhir D-day The Final itu dimulai tepat jam 17.00 waktu setempat. Saya beruntung karena ada RM (Rap Monster), leader group BTS yang bernama asli Kim Nam Joon itu, ikut memeriahkan panggung. Pada hari pertama dan kedua konser, Jungkook dan Jimin lah bintang tamu.

BACA JUGA: Dari Semarang ke Gyeongju demi Suga (1): Kelar Konas Langsung Terbang ke Incheon

Bersama Suga, RM menyanyikan lagu Strange. Disusul lagu terbaru RM yang belum pernah dirilis sehingga tidak berjudul. Selain itu di antara penonton tampak Jin dan J Hope yang mengambil cuti dari wamil. 

Pada hari ketiga konsernya itu, Suga BTS tampak terbawa emosi. Ia meluapkan perasaannya saat membawakan tiga lagu dalam setlist-nya. Dua lagu saya ingat benar judulnya yakni Amygdala dan Snooze yang diambil dari album terbaru D-DAY.

Yang ketiga, sempat saya bingung apa judulnya. Ternyata Dear My Friend. Lagu dari album D-2 yang dirilis pada Mei 2020 itu membuat Suga menangis hingga tidak bisa bernyanyi. Isinya bertemakan persahabatan yang putus karena sang sahabat adalah pecandu narkoba. 
Paviliun Bomunjeong. Lokasi photobook BTS berjudul The Most Beautiful Moment of My Life. -Sylvia Tanumihardja-

Kebetulan, saat saya duduk dalam MRT, seorang ARMY memberitahu saya bahwa Suga sedang siaran langsung via weverse. Di sinilah Suga mengungkapkan kenapa dia mulai menangis saat melantunkan Snooze.

Ia emosional dengan kehadiran member BTS dan sunbaenim atau seniornya di antara penonton. Seketika itu kilasan 10 tahun perjuangannya bermimpi menjadi tokoh dunia musik berkelibat. Sekarang dia sudah menjadi sunbaenim. Pantaslah jika dia menangis. 

BACA JUGA: Komplet! Jimin dan Jungkook Paling Akhir Masuk Wamil, Diantar Suga dan J-Hope

Pada MV Amydala, Suga selalu gagal membuka pintu putih dan digambarkan dia menjadi depresi. Namun, akhirnya Suga berhasil keluar dan menutup pintu putih pada saat konser berakhir.

Sejenak dia tersenyum dan melambaikan tangannya ke arah penonton. Simbol bahwa dia bisa melewati kepedihan hatinya akan operasi jantung ibunya, penyakit hati ayahnya, cedera bahu kirinya yang membuatnya wamil sebagai pekerja sosial dan bukan tentara aktif. Momen ini membuat para Army menangis. Future is gonna be okay, Suga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: