Gaya Nyentrik Para Cawapres: Imin Sarung Batik, Gibran Sneakers, Mahfud Sakera

Gaya Nyentrik Para Cawapres: Imin Sarung Batik, Gibran Sneakers, Mahfud Sakera

Penampilan para cawapres di debat kedua di JCC Senayan, Jumat malam, 22 Desember 2023-KPU RI-

HARIAN DISWAY - Ada yang menarik pada debat calon wakil presiden (cawapres) kali ini. Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar tampil menggunakan kemeja berwarna putih serta dipadu dengan jas bewarna hitam. Tak lupa peci dan sarung motif batik yang menyampir di bahunya. 

Tidak hanya sebagai aksesoris, tampaknya sarung tersebut turut menjadi properti untuk menggaungkan kata 'slepet' di sepanjang pembacaan visi-misi Muhaimin. 

Sementara Gibran setia dengan kemeja biru sama seperti debat perdana capres pada 12 Desember 2023 lalu. Namun, kali ini sedikit berbeda.

Walikota Solo tersebut menggunakan sneakers bewarna hitam-putih, model Nike Air Jordan 1 Low Dark Teal Unisex Sneakers. Sepatu ini menyita perhatian warganet lantaran model sepatu yang sama seperti yang digunakan pada saat menemui Anies di tahun 2022.

BACA JUGA:Debat Cawapres, Mahfud Tampil Dengan Pakaian Tradisional Madura

Cawapres nomor urut 3 Mahmud MD tampil paling mencolok menggunakan baju adat Madura atau yang dikenal dengan nama pesa'an. Bukan tanpa alasan cawapres yang diusung oleh Partai PDI Perjuangan tersebut menggunakan baju adat tersebut.

Mahfud menjelaskan jika baju pesa'an yang kenakan mewakilkan permasalahan yang dihadapi oleh rakyat. 

“Kenapa pakai ini? Ini baju rakyat, menunjukkan masalah yang dihadapi rakyat juga,” ungkap Mahfud kepada awak media. 

Selain itu, baju pesa'an menyimpan makna filosofi tersendiri antara priyayi dengan akar rumput yang tercermin melalui garis merah dan putih. 

BACA JUGA:Jelang Debat Perdana Cawapres , Ini Jurus yang Disiapkan Ganjar-Mahfud..

"Ini baju rakyat, ini baju dua lapis ada lapisan priyayi dan ada lapisan rakyat. Dan juga ini baju rakyat sehingga saya pake baju ini," kata Mahfud di Posko Teuku Umar 9, Jakarta Pusat, Jumat,22 Desember 2023.

Ketiga pasangan cawapres tersebut akan melakukan debat perdana di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta pada pukul 18.45 WIB dari tempat pemberangkatan masing-masing. 

Segmen pertama penyampaian visi dan misi program kerja oleh tiap-tiap cawapres, sedangkan segmen kedua dan ketiga penyampaian pertanyaan yang disusun oleh panelis dan diajukan oleh moderator.

Kemudian akan dilanjutkan dengan segmen keempat dengan ketiga cawapres memiliki kesempatan untuk bertanya ke masing-masing cawapres dan saling menanggapi dan segmen terakhir adalah pernyataan penutup atau kesimpulan kandidat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: