Efektivitas Internet bagi Mahasiswa

Efektivitas Internet bagi Mahasiswa

Ilustrasi foto efektivitas internet bagi mahasiswa.-Dok Pribadi-

Internet sebagai wadah peningkatan kreativitas mahasiswa, lewat vlog yang diunggah ke media sosial, tak sedikit mahasiswa yang memberikan konten menarik sebagai ekspresi kreatif mereka. 

Beberapa aplikasi yang muncul akibat perkembangan internet inilah yang menjadi wadah bagi mahasiswa lebih kreatif. Tak hanya lewat vlog berupa video, internet juga memberikan kemudahan dalam aplikasi pengeditan foto. Pengeditan foto yang menarik melalui fitur yang tersedia ini juga salah satu sarana mahasiswa dalam berkreasi.

Selain banyak mempermudah urusan mahasiswa, internet juga memberikan akses hiburan bagi mahasiswa. Mahasiswa yang cenderung banyak stres karena banyak tugas menjadikan internet sebagai bentuk upaya pengurangan stres. Itu biasanya dilakukan mahasiswa lewat menonton film, mendengarkan musik, hingga bermain game online yang tersedia.

Perkembangan internet telah menciptakan kemudahan bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Dengan sejarahnya yang panjang, internet telah menjadi tulang punggung komunikasi modern dan sarana pembelajaran yang tak tergantikan. 

Mahasiswa dapat mengakses informasi secara cepat dan efisien, menghemat waktu untuk penelitian dan penyelesaian tugas. Bahkan, perkembangan teknologi cloud computing telah memberikan dimensi baru dalam penyimpanan dan berbagi informasi, mendukung aktivitas akademis mahasiswa.

Penggunaan internet dalam dunia pendidikan tidak hanya menciptakan efisiensi waktu, tetapi juga memberikan akses ke berbagai aplikasi pembelajaran daring. 

Mahasiswa tidak lagi terbatas pada pembelajaran di kampus, tetapi juga dapat mengakses materi pembelajaran kapan pun dan di mana pun melalui platform daring. 

Interaksi dengan sesama mahasiswa juga makin mudah melalui diskusi dan kegiatan sosial online, menciptakan jaringan yang kuat tanpa terbatas oleh batas geografis.

Selain sebagai alat pembelajaran, internet menjadi wadah ekspresi kreativitas mahasiswa. Melalui vlog dan konten menarik di media sosial, mahasiswa dapat berbagi ide dan pandangan mereka dengan audiens yang lebih luas. 

Aplikasi pengeditan foto dan video yang tersedia secara online juga memberi mahasiswa peluang untuk mengekspresikan kreativitas mereka dengan cara yang inovatif.

Namun, seperti setiap perkembangan, penggunaan internet juga memiliki dampak negatif. Mahasiswa cenderung menggunakan internet sebagai pelarian dari stres akademis dengan menonton film, mendengarkan musik, dan bermain game online

Penting bagi mereka untuk menjaga keseimbangan antara penggunaan internet untuk hiburan dan kewajiban akademis. Dengan begitu, manfaatnya dapat tetap optimal.

Berbicara soal perkembangan internet, hal tersebut memang tidak akan pernah lepas dari yang namanya sebuah perubahan. 

Perubahan itu selalu membawa sebuah dampak, baik dampak negatif maupun positif. Tetapi, hal tersebut kembali lagi kepada diri kita, bagaimana kita harus bijak dalam menyikapi sebuah perubahan yang ada. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: