Efektivitas Internet bagi Mahasiswa

Efektivitas Internet bagi Mahasiswa

Ilustrasi foto efektivitas internet bagi mahasiswa.-Dok Pribadi-

HARIAN DISWAY - Adanya sebuah jaringan internet tidak dapat kita pisahkan dengan kehidupan modern saat ini. Interconnected networking atau lebih dikenal dengan internet merupakan sistem jaringan yang dapat menghubungkan suatu perangkat dengan perangkat lainnya, dan teroganisasi dalam telepon genggam maupun satelit. 

Keberadaanya yang mempermudah manusia dalam berkomunikasi serta mengakses segala informasi mengenai pendidikan, pekerjaan, bahkan kesehatan pun menjadikan alasan utama bahwa keberadaanya yang lekat membantu segala aktivitas manusia di seluruh penjuru dunia.

BACA JUGA: Etika Periklanan Menjelang Pemilu 2024

Internet yang menjadi salah satu bukti perkembangan teknologi yang signifikan tersebut tentu memiliki perjalanan sejarah yang cukup panjang. Berikut ini adalah ringkasan bagaimana perjalanan sejarah sebuah jaringan internet.

1. Tahun 1969: Tahun ini adalah kali pertama internet dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui proyek lembaga ARPA. Proyek itu mengembangkan jaringan internet dengan komputer yang diberi nama ARPANet.

2. Tahun 1970: Berhasil menghubungkan lebih dari sepuluh perangkat komputer yang membentuk sebuah jaringan. Kemudian, proyek ARPANet mulai dikembangkan di luar Amerika Serikat hingga sampai pada University College di London.

BACA JUGA: Sakura School Simulator, Game 18+ yang Viral di Kalangan Anak-Anak, Apa Saja Dampaknya?

3. Tahun 1982: Sudah banyak perangkat komputer yang terhubung sehingga dibutuhkan protokol resmi yang dapat menghubungkan semua komputer dengan jaringan internet. Kemudian, dibentuklah TCP/IP, yang kemudian diperkenalkan dengan sistem penamaan domain atau DNS (domain name system).

4. Sekarang: Perkembangan internet menjadi lebih canggih. Aksesnya menjadi lebih cepat, adanya teknologi cloud computing, serta berkembangnya segala informasi, baik dalam bentuk tulisan maupun video yang dapat mempermudah aktivitas manusia seperti dalam aspek perekonomian maupun pendidikan.

Berkaitan dengan dunia pendidikan, jika ditinjau dari banyaknya data yang ada, mahasiswa merupakan pelajar yang sangat erat kaitannya dengan penggunaan internet. 

Itu berbeda dengan siswa sekolah yang berfokus pada kurikulum yang sudah tersedia. Mahasiswa cenderung menganalisis, mengamati, serta mencari jajaran informasi guna pembelajarannya. 

Kemunculan internet itulah yang mempermuda mahasiswa lewat kecepatan akses yang mudah dan dapat dilakukan di mana saja. Hal itu memberikan kemudahan bagi mahasiswa lewat efesiensi waktu. Mahasiswa lebih dapat menghemat waktu untuk meneliti informasi dan menyelesaikan tugas yang ada. 

Selain kemudahan dan kecepatan informasi yang ada, internet menyediakan banyak aplikasi guna menunjang kegiatan pembelajaran. Sebelumnya mahasiswa harus senantiasa berangkat ke kampus untuk belajar. 

Kini kegiatan pembelajaran mulai dipermudah lewat kegiatan belajar online melalui berbagai aplikasi yang ada. Tak kalah penting, perkembangan internet memberikan kemudahan bersosialisasi dan berdiskusi dengan mahasiswa lain. Lewat internet pula jalinan hubungan baik bisa tercipta bahkan secara daring tanpa tatap muka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: