7 Tips Hindari Mabuk Perjalanan Saat Liburan Tahun Baru

7 Tips Hindari Mabuk Perjalanan Saat Liburan Tahun Baru

7 TIPS hindari mabuk perjalanan saat liburan tahun baru.-Freepik-

HARIAN DISWAY - Menjelang pergantian tahun, banyak warga Indonesia yang pergi berlibur. Salah satu tujuannya, menghabiskan malam tahun baru dengan suasana berbeda di luar kota.

Namun, ada satu hal yang seringkali mengganggu perjalanan liburan yang seharusnya menyenangkan. Yakni, mabuk perjalanan.

Mabuk perjalanan adalah hal umum ketika seseorang melakukan perjalanan panjang dengan kendaraan seperti mobil atau bus. Tapi, naik pesawat maupun kapal laut juga berpotensi mengalami mabuk perjalanan.

BACA JUGA:Libur Nataru! BNPB-BPBD Minta Masyarakat Jateng Waspada Potensi Cuaca Ekstrim

Mabuk perjalanan disebabkan oleh kekacauan sinyal antar saraf pada telinga bagian dalam, penglihatan, dan jaringan permukaan tubuh.

Kekacauan sinyal antar saraf tersebut menimbulkan rasa pusing, mual, hingga muntah yang mengganggu momen perjalanan yang seharusnya menyenangkan.

Mabuk perjalanan bisa dicegah. Berikut ada 7 tips mencegah mabuk perjalanan yang bisa Anda praktikkan untuk kenyamanan perjalanan Anda jelang pergantian tahun.

BACA JUGA:Puncak Pertama Libur Natal: Lonjakan Pergerakan Masyarakat Masih Terkendali

1. Pastikan tubuh dalam kondisi fit sebelum melakukan perjalanan


7 TIPS hindari mabuk perjalanan saat liburan tahun baru.-Freepik-

Salah satu penyebab mabuk perjalanan adalah kondisi tubuh yang tidak fit. Maka, pastikan Anda beristirahat dengan cukup dan mengonsumsi makanan sehat sebelum perjalanan jauh.

Jangan paksakan untuk tetap berangkat jika merasa tidak enak badan. Selain menganggu kenyamanan, berpergian saat tidak enak badan dapat memperburuk kondisi tubuh yang dapat memicu penyakit yang lebih serius.

2. Cari tempat duduk yang tepat


7 TIPS hindari mabuk perjalanan saat liburan tahun baru.-Chicago Motor Coach-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber