Terprovokasi, Iring-Iringan Jenazah Lukas Enembe Ricuh, Pj Gubernur Papua Jadi Korban

Terprovokasi, Iring-Iringan Jenazah Lukas Enembe Ricuh, Pj Gubernur Papua Jadi Korban

TERPROVOKASI, iring-iringan jenazah Lukas Enembe ricuh, Pj Gubernur Papua jadi korban. -Istimewa-

BACA JUGA:Lukas Enembe Tak Ditahan KPK, Mahfud MD Jelaskan Alasannya

Jenazahnya diberangkatkan dari Jakarta dan tiba di Bandara Sentani pada Kamis pagi pukul 09.20 WIT. Pria kelahiran 27 Juli 1967 itu kemudian dibawa ke Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri (STAKIN) Sentani sebagai persemayaman.

Di sana, mahasiswa dan masyarakat Papua bisa memberikan penghormatan terakhir. Setelah itu, jenazah akan dibawa ke tempat pemakaman di Koya Tengah, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua.


TERPROVOKASI, iring-iringan jenazah Lukas Enembe ricuh, Pj Gubernur Papua jadi korban. -Istimewa-

Hingga sejam setelah kerusuhan, jenazah masih disemayamkan di STAKIN. Sementara massa masih berada di jalan utama. Kantor-kantor dan pertokoan di kawasan tersebut tutup. Tidak ada yang berani keluar rumah.

BACA JUGA:Markas Brimob Papua Diserang Massa Bersenjata seusai Penangkapan Lukas Enembe

BACA JUGA:Main Anggar KPK vs Lukas Enembe

Lukas Enembe (yang terlahir dengan nama Lomato Enembe) adalah Gubernur Papua periode 2018-2023. Pada akhir masa jabatannya, ia malah tertangkap KPK lantaran menerima suap sebesar Rp 19,6 miliar.

Pada November lalu, Lukas Enembe divonis dengan pidana 8 tahun penjara dan dicabut hak politik selama 5 tahun. Ia terbukti melanggar Pasal 12 huruf a UU Tipikor Jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP jo Pasal 65 ayat 1 KUHP dan Pasal 12 huruf B UU Tipikor.

Lukas Enembe meninggal pada Selasa, 26 Desember 2023 pukul 11.00 WIB akibat gagal ginjal. Ia sudah beberapa hari dirawat di RSPAD Gatot Subroto. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber