Pimpin Upacara HUT PMI ke-78, Wawali Pasuruan Berpesan Agar Peran PMI Harus Bisa Dirasakan Masyarakat

Pimpin Upacara HUT PMI ke-78, Wawali Pasuruan Berpesan Agar Peran PMI Harus Bisa Dirasakan Masyarakat

Wawali Pasuruan memberikan support bagi PMI Kota Pasuruan untuk menguatkan SDM dan perannya bagi masyarakat -Lailiyah Rahmawati-

PASURUAN, HARIAN DISWAY - Wakil Wali Kota PASURUAN Adi Wibowo  memimpin Upacara Peringatan HUT Palang Merah Indonesia (PMI) Ke-78 sekaligus Pembukaan Jumbara (Jumpa Bakti dan Gembira) PMI Ke-VII bertempat di Taman Sekargadung PASURUAN, Jumat, 29 Desember 2023.

Peserta upacara terdiri dari pelajar dan sukarelawan PMI di Kota Pasuruan. Beberapa hal disampaikan Mas Adi sebagai pemimpin apel upacara tersebut. Salah satunya adalah bahwa peran PMI harus benar-benar bisa dirasakan oleh masyarakat.

Untuk mewujudkan hal itu, orang nomor dua di Kota Pasuruan itu menekankan PMI untuk menerapkan Tri Bhakti.“Pada kesempatan ini, perlu kita kuatkan tekad agar prinsip PMI dan Tri Bhakti mampu dipahami dilaksanakan dan ditegakkan dalam upaya untuk terus memaksimalkan peran PMI ditengah masyarakat” ujar Mas Adi.

Apalagi saat ini terjadi  perubahan iklim yang juga merubah tatanan ekologis cuaca dan iklim yang tidak menentu sehingga peran PMI sangat diandalkan oleh masyarakat untuk merespon cepat permintaan bantuan.

BACA JUGA:PCNU Kota Pasuruan Kembangkan Urban Farming, Wawali: Itu Solusi Modern

“Kondisi perubahan iklim ini butuh adaptasi dan transformasi kita terhadap lingkungan yang berubah, yang memungkinkan kita menyikapinya dengan baik,” kata Mas Adi.

Selain itu, Mas Adi juga menguraikan adanya kemajuan tekonologi digital yang memungkinkan adanya mutasi terhadap berbagai bencana. Menurutnya, pada kondisi ini insan PMI juga diharapkan dapat hadir ditengah masyarakat.

“Bukan hanya bencana alam, namun juga bencana sosial yang memungkinkan kita sebagai keluarga besar PMI bisa hadir ditengah kondisi apapun di dalam masyarakat,” tutur Mas Adi.

Mas Adi berharap pada peringatan PMI dan pembukaan Jumbara ini menjadi momentum strategis bagi insan PMI untuk terus melakukan evaluasi terhadap peran PMI ditengah situasi yang terus berubah.

BACA JUGA:Lomba Panah Wali Kota Cup Pasuruan Diikuti Ratusan Peserta

Bukan tanpa alasan, harapan tersebut disampaikan Mas Adi untuk menghadapi kesiapan anak-anak bangsa menuju Indonesia 2045 dan bonus demografi 2030. Ia menuturkan perlunya capacity building yang juga menjadi bagian penting dalam upaya PMI Kota Pasuruan meningkatkan kapasitas SDMnya.

“Adik-adik semua yang akan menyambut dan menghadapi Indonesia Emas sehingga dibutuhkan peningkatan kapasitas yang terus dilakukan. Selain peningkatan intelektual, anak-anak harus sehat badannya, jiwanya, badannya, butuh fondasi penguatan mental dan spiritual,” kata Mas Adi.

Untuk itu, ke depan, Mas Adi berharap seluruh sekolah di Kota Pasuruan untuk aktif dalam kegiatan PMR.“Kita punya proyeksi semua sekolah aktif dalam kegiatan PMR dan menjadi bagian dari program kerja PMI Kota Pasuruan,” ucapnya

Menutup sambutannya, Mas Adi menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak baik pengurus PMI maupun stakeholder yang terus berypaya melakukan perbaikan dalam bidang kesukarelawanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: