Menhub Soal Macet Parah di Denpasar, Bali: Solusinya Transportasi Massal

Menhub Soal Macet Parah di Denpasar, Bali: Solusinya Transportasi Massal

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa solusi kemacetan di Bali adalah Transportasi Publik-Kemenhub-

HARIAN DISWAY - Menanggapi kemacetan ekstrim yang terjadi di jalan menuju bandara I Gusti Ngurah Rai pada Jumat, 29 Desember 2023, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan kehadiran transportasi massal menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan kemacetan di Bali

"Jangka panjangnya kita akan bangun kereta LRT di Bali dari bandara ke sejumlah titik yang selama ini lalu lintasnya padat, seperti di Sunset Road, Legian, dan Canggu," ujar Menhub, Sabtu 30 Desember 2023 di Semarang.


Kemacetan yang terjadi di Jalan Tol Bali Mandara menuju Bandara Ngurah Rai Bali sejak Jumat malam-Twitter @gerrys/ig: @infodenpasar-

BACA JUGA:Puncak Arus Balik Nataru Senin dan Selasa, Menhub Himbau Masyarakat Balik Lebih Awal

Salah satu sistem transportasi publik yang tengah direncanakan saat ini adalah sistem LRT Bali. Dalam kesempatan tersebut, Menhub mengatakan bahwa upaya membangun LRT membutuhkan waktu kurang lebih 3 sampai 4 tahun.

Ia menyampaikan bahwa pekan lalu pihaknya sudah bertemu pihak dari Korea Selatan yang akan memberikan grant untuk Feasibility Study (FS) dan akan memberikan Official Development Assistance (ODA) Loan untuk pembangunan LRT Tahap 1 dari bandara Ngurah Rai sampai Sunset Road.

BACA JUGA:Kemenhub Sediakan Shuttle Bus Gratis Untuk Atasi Kemacetan Panjang di Jalan Tol Menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai

Kehadiran LRT tersebut diharapkan mampu mengatasi permasalahan kemacetan yang seringkali terjadi di Bali, khususnya pada libur nasional dan keagamaan. 

Sedangkan untuk mengatasi kemacetan dari dan menuju Bandara Ngurah Rai selama libur tahun baru, Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Darat bersama Dinas Perhubungan Provinsi Bali menyediakan shuttle bus gratis bagi masyarakat maupun wisatawan yang berkunjung ke Bali.


Penumpang menunggu peron di Stasiun LRT Palembang, Sumatera Selatan-Kemenhub-

Shuttle bus gratis tersebut akan beroperasi hingga 1 Januari 2024 mulai pukul 16.00 hingga 24.00 WITA dengan lima armada bus dengan masing-masing berkapasitas 20 penumpang.

BACA JUGA:Cerita Korban Selamat Mihol Racikan Bartender Cruz Lounge Bar Vasa Hotel

Adapun rute dari shuttle bus adalah Simpang Pesanggaran-Bandara, Nusa Dua-Bandara, Dan Sentral Parkir-Bandara. Sedangkan untuk titik pemberangkatannya berada di Akses Jalan Tol Pesanggaran, Sentral Parkir Nusa Dua, serta Sentral Parkir Kuta. 

Shuttle bus yang digunakan adalah Bus Trans Sarbagita dan Trans Metro Dewata. Bus Trans Sarbagita merupakan Bus Rapid Transit (BRT) Teman Bus dengan layanan Buy The Service yang disediakan Ditjen Perhubungan Darat, sementara Bus Trans Sarbagita merupakan bus perkotaan yang dikelola Pemprov Bali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: