Kemenhub Sediakan Shuttle Bus Gratis Untuk Atasi Kemacetan Panjang di Jalan Tol Menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai

Kemenhub Sediakan Shuttle Bus Gratis Untuk Atasi Kemacetan Panjang di Jalan Tol Menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai

Kemacetan yang terjadi di Jalan Tol Bali Mandara menuju Bandara Ngurah Rai Bali sejak Jumat malam-Twitter @gerrys/ig: @infodenpasar-

DENPASAR, HARIAN DISWAY - Kemenhub bakal menyediakan shuttle bus gratis untuk angkutan dari dan menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali untuk mengurangi dampak kemacetan di Jalan Tol Bali-Mandara akses ke bandara tersebut. 

Kemacetan dilaporkan oleh beberapa warganet terjadi setidaknya sejak jumat malam 29 Desember 2023. Beberapa turis asing bahkan harus berjalan kaki untuk mengejar jadwal pesawat. 

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan dan Dinas Perhubungan Provinsi Bali menyediakan shuttle bus gratis.

Dirjen Hubdat Kemenhub, Hendro Sugiatno mengatakan bahwa penyedian shuttle bus gratis tersebut merupakan upaya pihaknya untuk mengantisipasi kemacetan. 

BACA JUGA:Puncak Arus Balik Nataru Senin dan Selasa, Menhub Himbau Masyarakat Balik Lebih Awal

"Mulai sore ini pukul 16.00 WITA, akan disediakan shuttle bus gratis dengan melakukan pemindahan operasi Trans Sarbagita dan Trans Metro Dewata," tutur Hendro dalam keterangan resmi pada Sabtu, 30 Desember 2023.

Trans Metro Dewata merupakan Teman Bus dengan tipe layanan Buy The Service yang disediakan Dirjen Perhubungan Darat dan Trans Sarbagita dikelola oleh Pemprov Bali. 

Hendro mengungkapkan, shuttle bus gratis tersebut akan akan beroperasi hingga 1 Januari 2024 dimulai pada pukul 16.00 hingga 24.00 WITA dengan lima armada yang akan beroperasi.

Adapun rute yang disediakan yaitu Simpang Pesanggaran-Bandara, Nusa Dua-Bandara, Sentral Parkir-Bandara. Sedangkan untuk titik pemberangkatan tersedia di Akses Jalan Tol Pesanggaran, Sentral Parkir Nusa Dua, dan Sentral Parkir Kuta.

BACA JUGA:Sambang Ponpes Darul Muttaqin Doakan Trenggalek Anies Dipanggil sebagai Presiden 2024

BACA JUGA:Sambut Nataru 2023/2024, Ini Langkah-Langkah Kementerian Perhubungan Persiapkan Angkutan Laut

Selain menyediakan Shuttle Bus gratis, Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Bali Bersama Dinas Perhubungan Provinsi Bali juga akan melakukan beberapa langkah antisipasi lain guna memperlancar arus lalu lintas selama libur tahun baru. 

Apabila intensitas kendaraan mulai meningkat di bandara Ngurah Rai, maka akan dilakukan pengalihan sebagian lalu lintas ke arah jalan tol Bali Mandara.

"Agar dapat dipastikan juga, tidak ada kemacetan pada akses Krisna Oleh-Oleh By Pass Ngurah Rai," imbuh Dirjen Hendro.(*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: