Startup Zenius Tutup setelah 20 Tahun Beroperasi

Startup Zenius Tutup setelah 20 Tahun Beroperasi

Logo baru Zenius yang dikenalkan pada tahun 2022.-Zenius-

HARIAN DISWAY - Kabar mengejutkan datang dari startup Edutech, Zenius yang berhenti beroperasi sementara setelah 20 tahun menjadi platform edukasi yang membantu jutaan siswa meraih mimpi mereka untuk masuk ke perguruan tinggi impian. 

Kabar tutupnya Zenius tersebut diketahui dari akun instagram @ecommurz yang mengunggah pernyataan resmi dari Zenius melalui Instagram Story pada Kamis, 4 Januari 2023.

Zenius dalam pernyataan tersebut mengungkapkan bahwa alasan pihaknya menutup sementara karena sedang menghadapi masalah operasional. Oleh karena itu penutupan sementara tersebut merupakan langkah strategis di tengah kondisi sulit tersebut.

“Kami mengambil langkah strategis untuk menghentikan operasi secara sementara, tetapi kami menjamin bahwa kami tidak akan berhenti berusaha untuk menjalankan dan mewujudkan visi untuk merangkai Indonesia yang cerdas, cerah, dan asik," 

Sebelum berita tutupnya Zenius mencuat ke publik, pada tahun 2022 Zenius telah mengalami krisis sehingga harus melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada lebih dari 200 karyawan pada Mei 2022. 

BACA JUGA: Ini 4 Zodiak yang Diprediksi Kasmaran pada 2024

Kala itu Zenius menyebut bahwa PHK karyawan yang dilakukan merupakan imbas dari kondisi ekonomi makro yang terburuk dalam beberapa dekade terakhir. Namun pihak Zenius tetap memberikan pesangon sebagai hak karyawan yang terdampak PHK.

Dalam pernyataannya, Zenius  juga mengungkapkan penyesalannya telah mengambil keputusan sulit tersebut yang mengecewakan banyak pihak terutama para pengguna setia Zenius. 

Mereka juga mengucapkan terima kasih kepada pengguna Zenius yang telah menjadi bagian dari perjalan Zenius selama 20 tahun terakhir.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada para pengguna, yang telah menjadi pilar penting  dalam perjalan kami sejak 2004. Dukungan dan kepercayaan mereka adalah hal yang tak ternilai bagi kami,” tertulis dalam pernyataan resmi Zenius.

Sebagai informasi tambahan, selama beroperasi menjadi platform edukasi, Zenius pernah mendapatkan pendanaan dari MDI Ventures yang merupakan perusahaan modal ventura bagian dari Telkom Indonesia. 

BACA JUGA: TKN Optimis Prabowo Kuasai Panggung Debat Pilpres Putaran Ketiga Dengan Tema Pertahanan dan Geopolitik

Adapun investor lain yang juga pernah terlibat dalam pendanaan Zenius diantaranya yaitu Northstar Group, Alpha JWC, Openspace Ventures, dan Beacon Venture Capital.

Diketahui, secara akumulatif Zenius berhasil mengumpulkan lebih dari USD 40 juta atau sekitar Rp 575 miliar setelah pendanaan tersebut. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: