Survei Australia AMIN Melejit, Jubir: Rakyat Bersiap Menunggu Anies Bawa Perubahan

Survei Australia AMIN Melejit, Jubir: Rakyat Bersiap Menunggu Anies Bawa Perubahan

Utting Research catat lonjakan kenaikan pemilih Anies Baswedan sebesar 6 persen. -AMIN-

JAKARTA - Lembaga survei kredibel dari Australia Utting Research menyoroti lonjakan dukungan pemilih yang mencolok untuk kandidat Calon Presiden nomor urut satu Anies Baswedan pascadebat pemilihan presiden putaran pertama. 

John Utting selaku Managing Director mengungkapkan bahwa Utting Research mencatat adanya kenaikan yang signifikan terhadap jumlah pemilih dari calon Presiden Anies Baswedan yaitu sebesar 6 persen.

"Hasil survei menunjukkan bahwa (Anies) Baswedan mendapatkan 28 persen suara. Kenaikan ini menjadi titik balik (turning point) dalam Pilpres, menjadikan Anies sebagai penantang utama dalam pemilihan," papar John Utting pada Kamis, 4 Januari 2024.  

BACA JUGA: Anies Baswedan Optimistis Saingi Prabowo Saat Coblosan, Ini Kata Pengamat

Pengamat politik dan komunikasi dari Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Serpong Ambang Priyonggo, Ph.D. pun turut berkomentar perihal fenomena tersebut. Paparnya, Anies memiliki kelebihan dalam menyampaikan gagasannya. 

“Anies punya kelebihan dalam mengkomunikasikan gagasan secara bernas jika dibanding dengan dua kandidat lainnya. Latar belakang dia sebagai intelektual itu menjadi keunggulannya,” ujar Ambang, Kamis 4 Januari 2023. 

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa visi misi yang diusung Anies mengenai gagasan perubahan sejalan dengan harapan rakyat Indonesia. 

BACA JUGA: Sejumlah Ulama di Tasikmalaya Kompak Dukung Anies-Muhaimin

“Dari sisi visi misi, Anies memang terasa sekali menyuarakan gagasan perubahan. Dan itu menjadi anti-tesis dari visi misi Prabowo yang identik dengan kepemimpinan Jokowi,” papar Ambang. 

“Ganjar ini menarget ceruk yang sama dengan Prabowo, dan sehingga positioningnya justru terlihat gamang di mata calon pemilih,” tambahnya. 

Di sisi lain, Utting Research justru melihat adanya penurunan yang signifikan terhadap dukungan untuk Calon Presiden nomor urut dua Prabowo Subianto.

“Prabowo suaranya turun 6 persen menjadi 44%. Sedangkan, Ganjar tertahan di 21 persen. Debat pertama Pilpres telah menjadi peristiwa yang pivotal (titik balik penting) di dalam rangkaian Pilpres, menarik perhatian hampir setengah total pemilih, yang menonton keseluruhan ataupun sebagian debat tersebut," papar John Utting. 

BACA JUGA: Anies Baswedan Pede Hadapi Debat Ketiga, Ini Persiapannya

John Utting pun mengungkapkan bahwa sebagian besar responden menilai performa debat Anies paling memukau di antara capres lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: