Anies Baswedan Optimistis Saingi Prabowo Saat Coblosan, Ini Kata Pengamat

Anies Baswedan Optimistis Saingi Prabowo Saat Coblosan, Ini Kata Pengamat

ANIES Baswedan optimistis saingi Prabowo saat coblosan, ini kata pengamat. Foto: Anies Baswedan dan Prabowo Subianto di debat capres pertama di KPU, Desember 2023.-YouTube KPU-

HARIAN DISWAY - Optimisme Anies Baswedan untuk memenangkan kontestasi Pilpres 2024 bukan berasal dari ruang kosong. Keyakinan untuk bisa bersaing (bahkan mengalahkan) Prabowo Subianto, didukung oleh data yang kuat.

Salah satu yang mendukung optimisme tim Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar adalah Utting Research. Itu adalah lembaga survei asal Australia yang berpengalaman menangani riset pemilu dan kampanye di berbagai negara. Termasuk Australia, Selandia Baru, Asia Pasifik, AS, hingga Uni Eropa.

Nah, hasil survei Utting Research menemukan adanya lonjakan dukungan pemilih yang mencolok (a notable surge) untuk Anies Baswedan. Momentumnya terjadi setelah debat capres pertama, 12 Desember 2023 lalu.

BACA JUGA:Dukungan Kaum Nahdliyin Fokus ke AMIN, Ini 4 Alasan di Baliknya

"Pascadebat pilpres pertama, Utting Research mencatat kenaikan mencolok jumlah pemilih dari calon Presiden Anies Baswedan sebesar 6 persen," ungkap Managing Director Utting Research John Utting, Kamis 4 Januari 2024.


ANIES Baswedan optimistis saingi Prabowo saat coblosan, ini kata pengamat. Foto: John Utting.-Utting Research-

"Hasil survei menunjukkan bahwa (Anies) Baswedan mendapatkan 28 persen suara. Kenaikan itu menjadi titik balik (turning point) dalam pilpres. Menjadikan Anies sebagai penantang utama dalam Pilpres 2024 ini," lanjutnya.

Hasil riset itu kemudian dianalisa oleh pengamat politik dan komunikasi Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Serpong Ambang Priyonggo, Ph.D. Ada beberapa sebab yang membuat Anies kebanjiran dukungan setelah debat pertama itu.

BACA JUGA:Jubir Darat Disabilitas Banten Perkuat Timnas AMIN

BACA JUGA:Siswi SMP Jambi Dipolisikan Setelah Kritik Jokowi, Timnas AMIN Sebut Pelaporan SFA Berlebihan

Menurutnya, Anies dapat mengkomunikasikan gagasannya dengan lebih baik daripada Prabowo Subianto maupun Ganjar Pranowo. Jadi, tak hanya visi misinya yang bagus. Ia juga bisa menyampaikannya dengan baik. Sehingga bisa dipahami masyarakat luas dengan lebih mudah.

"Latar belakang dia sebagai intelektual itu menjadi keunggulannya," jelas Ambang.

Dari segi sisi visi misi, Anies Baswedan gencar mengusung jargon perubahan. Semua kebijakan Presiden Joko Widodo yang ia anggap kurang menguntungkan bagi masyarakat banyak, ingin ia ubah. Hal itu membuat rakyat terpukau. Terutama mereka yang merasakan kondisi ekonomi belakangan semakin berat.

BACA JUGA:Survei Starpoll Ungkap Alasan Elektabilitas AMIN Naik: Publik Inginkan Perubahan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: