KOI Target Minimal Loloskan 28 Atlet ke Olimpiade Paris 2024

KOI Target Minimal Loloskan 28 Atlet ke Olimpiade Paris 2024

Ketum KOI Raja Sapta Oktohari (kiri) dan CdM Olimpiade Paris 2024 Anindya Bakrie (kanan) dalam acara Menjaga Merah Putih di kawasan Sudirman, Jakarta pada Jumat, 5 Januari 2024-Naif Alas/Komite Olimpiade Indonesia-

JAKARTA, HARIAN DISWAYIndonesia mematok target besar menuju Olimpiade Paris 2024. Komite Olimpiade Indonesia (KOI) menyebut minimal meloloskan 28 atlet.

Jumlah tersebut sama dengan jumlah atlet Indonesia yang lolos Olimpiade dalam dua edisi terakhir.

“Kalau bisa sama atau lebih ya (dari Olimpiade Tokyo 2020). Tapi pasti prosesnya tidak mudah,” ujar Ketua Umum KOI Raja Sapta Oktohari dalam acara Menjaga Merah Putih pada Jumat, 5 Januari 2024 itu.

Saat ini Indonesia telah meloloskan lima wakil ke Olimpiade Paris 2024. Lima wakil tersebut berasal dari tiga cabor. Mereka adalah Arief Dwi Pangestu dan Diananda Choirunisa dari cabor panahan.

Disusul Rifda Irfanaluthfi dari cabor senam. Serta Rahmad Adi Mulyono dan Desak Made Rita Kusuma Dewa dari cabor panjang tebing.

Selain itu, masih ada beberapa atlet yang hampir pasti lolos dilihat dari raihan ranking. Tapi proses kelolosan mereka masih menunggu proses kualifikasi selesai.

Beberapa atlet yang potensial lolos seperti Rahmat Erwin Abdullah dan Eko Yuli Irawan dari cabor angkat besi, Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, serta Gregoria Mariska Tunjung dari bulu tangkis.

BACA JUGA:Persiapan Sisa 4 Bulan, Ini Target Pokja Olimpiade PBSI

BACA JUGA:Basri Yusuf Masuk Tim Sport Science Pokja Olimpiade, Apa Saja Tugasnya?

Proses kualifikasi masih berlangsung hingga batas akhir Mei 2024. Selain cabor-cabor tersebut di atas, Indonesia juga sedang berjuang meloloskan atlet-atlet diantaranya dari cabor surfing, dayung, renang, hingga menembak.

Pada Olimpiade Tokyo 2020 dan Olimpiade Rio 2016, Indonesia mengirim 28 atlet. Jumlah itu mengalami kenaikan dari Olimpiade London 2012 (22 atlet) dan Olimpiade Beijing 2008 (24 atlet).

Selama keikutsertaan Indonesia di Olimpiade sejak 1952, rekor kelolosan atlet terbanyak terjadi di Olimpiade Sydney 2000. Saat itu Indonesia meloloskan 47 atlet.

Emas dipersembahkan oleh pasangan Tony Gunawan/Candra Wijaya. Kemudian medali angkat besi pertama didapat oleh Raema Lisa Rumbewas yang meraih perak.

KOI optimis pada Olimpiade Paris 2024, prestasi Indonesia akan lebih baik. Sebab, cabor unggulan Indonesia bertambah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: