Franz Beckenbauer Wafat di Usia 78 Tahun, Bayern Munchen: Dunia Kami Gelap

Franz Beckenbauer Wafat di Usia 78 Tahun, Bayern Munchen: Dunia Kami Gelap

FRANZ BECKENBAUER wafat di usia 78 tahun, Bayern Munchen: Dunia kami gelap.-AFP-

HARIAN DISWAY - Legenda sepak bola Jerman Franz Beckenbauer meninggal dunia di usia 78 tahun. Keluarga menyebut, ia menghembuskan napas terakhir pada Minggu malam, 7 Januari 2024.

"Dengan kesedihan mendalam, kami mengumumkan bahwa suami dan ayah kami Franz Beckenbauer, meninggal dengan tenang dalam tidurnya kemarin, Minggu, dikelilingi oleh orang-orang tercintanya," sebut pernyataan resmi keluarga pada Senin malam (Selasa hari tadi WIB).

"Kami memohon kesediaan fans dan media untuk membiarkan kami menjalani masa duka dengan tidak menanyakan apa-apa," lanjut pernyataan tersebut.

BACA JUGA:Inggris dan Setan Merah Berduka, Sir Bobby Charlton Meninggal di Usia 86 Tahun

Tidak ada penjelasan tentang penyebab meninggalnya Franz Beckenbauer. Yang jelas, kesehatannya sudah menurun sejak April 2023. Saudaranya menyebut bahwa kondisinya mengkhawatirkan.


FRANZ BECKENBAUER wafat di usia 78 tahun, Bayern Munchen: Dunia kami gelap. Foto: Franz Beckenbauer pada 2022.-Karl Schoendoefer-Shuttertock-Bild

Sebelumnya, Beckenbauer sudah dua kali menjalani operasi jantung. Dan pada 2019, ada laporan bahwa ia kehilangan penglihatan pada satu mata.

Franz Beckenbauer dianggap sebagai salah seorang pemain terhebat dunia. Sejajar dengan Pele dan Maradona.

BACA JUGA:PM Italia Silvio Berlusconi Meninggal Dunia, Mantan Bos AC Milan Dengan 5 Gelar Liga Champions

Ia pernah memenangkan trofi Piala Dunia 1974 sebagai kapten Timnas Jerman Barat. Lalu mengangkatnya lagi pada 1990, ketika berstatus sebagai pelatih. Istimewa.

Di level klub, pria yang aslinya berposisi sebagai defender itu bermain 582 kali dengan Bayern Munchen, dan memenangkan berbagai trofi. Mulai dari gelar domestik sampai Eropa. Ia dua kali memenangkan Ballon d’Or.

Saking hebat dan kompletnya pencapaian Franz Beckenbauer sebagai pemain maupun pelatih, ia mendapatkan julukan Der Kaiser.


FRANZ BECKENBAUER wafat di usia 78 tahun, Bayern Munchen: Dunia kami gelap. Foto: Beckenbauer menerima trofi European Championships 1974.-UEFA-

Tak mengherankan kalau Bayern Munchen sangat sedih Beckenbauer tiada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bbc