Airlangga Bantah Pernyataan Anies Baswedan: Indonesia Bukan Hanya Penonton Forum Internasional, Kita Memimpin

Airlangga Bantah Pernyataan Anies Baswedan: Indonesia Bukan Hanya Penonton Forum Internasional, Kita Memimpin

Airlangga jawab tudingan bahwa Indonesia hanya menjadi penonton dalam panggung diplomasi internasional -TKN Prabowo Gibran-

HARIAN DISWAY - Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menepis pernyataan calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan yang menyebut posisi Indonesia saat ini sebatas menjadi penonton dalam kancah global. 

Pernyataan tersebut dilansir dari keterangan Airlangga kepada wartawan di Istora Senayan, Jakarta, pada Minggu, 7 Januari 2024. 

Pernyataan tersebut juga sekaligus membantah tudingan capres nomor urut 1 Anies Baswedan yang menilai bahwa Indonesia kerap sekedar menjadi penonton dalam panggung diplomasi dunia.

"Kepemimpinan G20 itu Indonesia bukan hanya duduk dan diam dan hadir, kita memimpin. Bapak Presiden datang ke Ukraina, Bapak Presiden datang ke Uni Soviet, ke Rusia, dan kita dihargai," ujar Airlangga. 

BACA JUGA:Airlangga Bela Prabowo Usai Debat Capres: Itu Semua Best Practice, Bukan Teori

Pihaknya menegaskan posisi Indonesia lebih dari sekadar menjadi penonton, melainkan terlibat secara aktif di berbagai forum internasional, terutama pada KTT G20.

Pada forum global tersebut, keputusan yang dilontarkan Indonesia bahkan menjadi pertimbangan negara-negara di dunia. 

"Indonesia bukan hanya mewarnai, tetapi menentukan arah politik luar negeri pada saat KTT G20," sambungnya.

Lebih lanjut, Airlangga menjelaskan jika keputusan tersebut sukses diadopsi oleh (Asia Pacific Economic Cooperation) APEC dalam pertemuan di Bangkok, Thailand, pada November 2022 lalu.

BACA JUGA:Ketua Komisi I DPR Apresiasi Prabowo yang Tak Membongkar Data Pertahanan Negara Saat Debat Capres

Selain itu, ia juga memberi contoh saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) menujukkan peran Indonesia melalui pertemuan APEC di Amerika Serikat, pada November 2023.

Indonesia adalah satu-satunya negara yang diundang Amerika Serikat untuk melakukan kunjungan bilateral di Washington DC, menjelang KTT APEC di San Francisco.

"Kepemimpinan Indonesia itu luar biasa. Indonesia adalah negara selatan yang dianggap leader dari global south," jelas Airlangga.

BACA JUGA:Ketum PSSI: Tak Banyak Figur yang Murni Ingin Majukan Sepakbola Seperti Prabowo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: