Happy D.O Day! Ini Profil dan Perjalanan Karier D.O EXO yang Berulang Tahun Ke-31

Happy D.O Day! Ini Profil dan Perjalanan Karier D.O EXO yang Berulang Tahun Ke-31

HAPPY D.O Day! Ini profil dan perjalanan karier D.O EXO yang berulang tahun ke-31.-SM Entertainment -

HARIAN DISWAY - Salah seorang member EXO, Do Kyungsoo alias D.O berulang tahun ke-31 pada 12 Januari 2024. Saat ini, Do Kyungsoo sangat aktif di dunia akting. Idol sekaligus aktor besutan SM Entertainment itu sudah terjun di dunia hiburan Korea sejak 2012.

Idol yang lahir pada 12 Januari 1993 di kota Goyang, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan itu memiliki segudang talenta yang membuat kualitasnya idol tak perlu dipertanyakan lagi.


Profil dan Perjalanan Karir D.O EXO. Musisi Sekaligus Aktor Berbakat Yang Berulang Tahun Ke-31 Hari Ini--X

Di EXO, ia menempati posisi sebagai vokalis utama karena vokalnya yang bagus. Selain itu, D.O juga memiliki kemampuan berakting yang baik.

Nah, mumpung masih dalam suasana ulang tahun, yuk simak perjalanan karir D.O dari awal sebagai trainee hingga menjadi idol dan aktor top di dunia.

BACA JUGA:Dari D.O EXO sampai V BTS, Ini 6 Idol K-Pop Yang Pernah Dikritik Karena Merokok

Masa Pre-Debut hingga Debut

Bakat menyanyi D.O sudah terlihat sejak kecil. Bahkan, sebelum audisi dengan SM, D.O sudah pernah memenangkan kompetisi menyanyi.


Profil dan Perjalanan Karir D.O EXO. Musisi Sekaligus Aktor Berbakat Yang Berulang Tahun Ke-31 Hari Ini-SM Entertainment-

Karena kemampuannya itu, ia kemudian mengikuti audisi SM Entertainment pada 2010. Saat itu, Kyungsoo menyanyikan lagu Expectation dari Na Yoon-kwon dan My Story dari Brown Eyed Soul.

Setelah lolos audisi, tentu Kyungsoo resmi menjadi trainee di SM Entertainment. Ia menjalani masa pelatihan kurang lebih selama 2 tahun. Pada 2012, D.O dan 11 member EXO lain resmi debut. Saat itu, D.O masih SMA.

Cara perkenalan EXO dalam video trailer dinilai cukup berani. Jika biasanya sebuah grup cukup melucurkan 3 video teaser, EXO justru merilis 23 video! D.O sendiri muncul pada tanggal 24 Februari 2012. Selanjutnya, dia juga muncul bersama Baekhyun EXO di prolog What Is Love.

BACA JUGA:Kalahkan D.O EXO, Kim Seon Ho Jadi Aktor Terpopuler di Blue Dragon Film Awards 2023

Kini, lebih dari 12 tahun bersama EXO, D.O terus tumbuh makin cemerlang. Ia aktif berkolaborasi dengan musisi lain, menjalani karier solo, hingga berakting. Sudah banyak sekali drakor maupun film yang ia bintangi.


Profil dan Perjalanan Karir D.O EXO. Musisi Sekaligus Aktor Berbakat Yang Berulang Tahun Ke-31 Hari Ini-SM Entertainment-

D.O melakukan debut solo pada 26 Juli 2021. Yakni dengan merilis album mini bertajuk Empathy. Album mini tersebut mencakup 6 lagu berbahasa Korea dan 2 lagu bonus dalam bahasa Inggris dan Spanyol. Pada 2023, D.O juga sempat merilis album mini baru yang berjudul Expectation.

D.O EXO memutuskan keluar dari SM Entertainment setelah kontrak dengan agensi tersebut berakhir awal November 2023. Bukan pindah ke mana-mana. Ia ternyata mendirikan agensi sendiri. Bersama seorang mitra, D.O pun membentuk agensi bernama Company SooSoo.

BACA JUGA:Bikin Syok! D.O. EXO Keluar dari SM Entertainment, Bagaimana Nasib EXO?

Awal Mula Menjadi Aktor

Hanya butuh waktu 2 tahun setelah debut, D.O terjun ke dunia akting pada 2014. Saat itu, ia membintangi film layar lebar berjudul CART. Ia memerankan karakter bernama Choi Tae Young.

Aktingnya memang bukan kaleng-kaleng. Dengan hebatnya, D.O langsung masuk nominasi sebagai pemeran pendukung terbaik di Grand Bell Awards 2015. Bukti bahwa ia bukan idol aji mumpung.

Pada tahun yang sama, D.O juga bermain dalam drakor populer It's Okay, That's Love. Perannya adalah cowok bernama Han Kang Woo, yang merupakan teman khayalan dari seorang penulis terkenal yang mengidap skizofrenia.

BACA JUGA:D.O EXO Putus Asa Terisolasi di Bulan dalam Teaser Film


Profil dan Perjalanan Karir D.O EXO. Musisi Sekaligus Aktor Berbakat Yang Berulang Tahun Ke-31 Hari Ini-SBS-

Kemampuan akting D.O di drama ini dinilai sangat natural oleh sutradara Kim Kyu Tae. Akibanya, banyak orang yang melirik D.O sebagai aktor newbie dengan segudang potensial.

Karena kemampuan yang dimilikinya saat memerankan karakter di drama tersebut, Kyungsoo berhasil mendapat penghargaan sebagai aktor muda terbaik di Seoul International Youth Film Festival ke-16. Juga jadi aktor pendatang baru terbaik di APAN Star Awards ke-3.

Setahun kemudian, D.O memerankan karakter remaja psikopat di drakor berjudul Hello Monster. Dua tahun setelah debut sebagai aktor, tepatnya pada 2016, D.O berhasil mendapat peran utama dalam sebuah film romantis Pure Love.

BACA JUGA:Tenyata Sedih, Inilah Lirik dan Terjemahan Lagu First Snow Milik EXO yang Kembali Viral

BACA JUGA:Gara-Gara Challenge! Lagu First Snow Milik EXO Mendadak Jadi Nomor 1 di Chart Melon

Masih di tahun yang sama, D.O tampil memukau sebagai seorang adik yang mengalami kebutaan dalam film My Annoying Brother bersama aktor senior Jo Jung Suk. Lagi-lagi, aktingnya dalam film emosional ini bikin ia mendapatkan banyak pujian.

Hingga saat ini, D.O masih aktif bermain drama dan menjalani karier solo. Film terakhir D.O adalah The Moon, yang tayang pada 2023 lalu. The Moon menjadi film Korea nomor 2 terlaris di Indonesia sepanjang masa, setelah Parasite.

D.O memang pantas mendapatkan cinta dari EXO-L (sebutan fans EXO) sebesar itu! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber