Kenakalan Remaja di Surabaya, Psikolog: Ada Target Psikologis yang Dicari

Kenakalan Remaja di Surabaya, Psikolog: Ada Target Psikologis yang Dicari

Psikolog Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya Karolin Rista Rumandjo ditemui di Kampus Untag, Jumat 12 Januari 2024. -Wulan Yanuarwati-

"Proses sebelum remaja menjadi hal yang sangat penting," imbuhnya. 

Namun faktanya, kenakalan remaja yang dibicarakan sudah terjadi. Sudah terlanjur ada. Menurutnya, lebih mudah membangun sesuatu daripada membangun kembali sesuatu. Sebab energinya akan lebih besar dan membutuhkan perjuangan. 

"Nah kesiapan ini yang sebenarnya perlu disiapkan orangtua dan guru bagi remaja kita yang sudah dalam kondisi terlanjur," ujarnya.

BACA JUGA:Demi Netralitas, Eri Cahyadi Larang ASN Pemkot Surabaya Menyukai Unggahan Berbau Politik di Media Sosial

BACA JUGA:2.665 Unit Motor BBM Milik Pemkot Surabaya Bakal Dilelang, Ganti Motor Listrik

Maka hal yang harus disiapkan ialah sosok figur yang dirasa bisa menghadapi mereka. Sosok ini yang harus disiapkan terlebih dahulu. Siapa yang akan mendekati mereka dan diterima.

"Yang paling mahal, ada figur yang bisa dijadikan teman. Mengerti dari persepsi dia. Memahami sudut pandang dia, kenapa sampai minum, yang dicari apa, apakah harga diri atau pengakuan," ujarnya.

Nah, kemudian bagi remaja yang memang ingin diakui maka harus dicari substansi penggantinya. Hal itu perlu dipikirkan dan diupayakan dengan tetap melihat kondisi individu yang berbeda-beda. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: