Jokowi Ganti E-KTP dengan IKD: Ini Tujuh Faktanya..

Jokowi Ganti E-KTP dengan IKD: Ini Tujuh Faktanya..

Ilustrasi IKD pengganti e-KTP.-IST-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan percepatan transformasi digital dan keterpaduan melalui Digital ID atau Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Langkah itu diambil untuk meningkatkan efisiensi layanan publik yang berorientasi kepada pengguna, dengan fokus pada pembayaran digital dan pertukaran data untuk interoperabilitas layanan.

Pemerintah turut gencar mempercepat pengembangan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bekerja sama dengan Ditjen Dukcapil dan seluruh institusi terkait untuk menyelaraskan upaya dalam mencapai tujuan ini.

"Ditjen Dukcapil memegang peranan penting dalam penyediaan IKD dan menjadi basis pertukaran data, terutama dalam memastikan keamanan dan keandalan data kependudukan," kata Kemendagri dalam siaran persnya.

Kemendagri bersama KemenPAN-RB dan Kementerian Kominfo berkomitmen memastikan kesiapan IKD untuk mendukung aplikasi SPBE prioritas pada bulan Juni 2024.

BACA JUGA:Sekjen Kemendagri Suhajar: Sekda itu Leher Kepala Daerah, Jaga Keseimbangan Hubungan Antar Kepala Daerah

BACA JUGA:Bye-Bye KTP Elektronik, Pemerintah Kenalkan Identitas Kependudukan Digital, yuk Intip Kelebihan dan Cara Aktivasinya

Fakta Tentang IKD:

1. Apa itu IKD?

IKD, atau Identitas Kependudukan Digital, merupakan identitas digital nasional yang memungkinkan individu membuktikan identitas secara online saat mengakses layanan pemerintah dan swasta.

2. Aplikasi IKD

Kemendagri telah mengembangkan Aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) yang dapat diakses melalui perangkat gawai, khususnya smartphone.

3. Tidak Ada Lagi Fotokopi KTP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: