Sekjen Kemendagri Suhajar: Sekda itu Leher Kepala Daerah, Jaga Keseimbangan Hubungan Antar Kepala Daerah

Sekjen Kemendagri Suhajar: Sekda itu Leher Kepala Daerah, Jaga Keseimbangan Hubungan Antar Kepala Daerah

Momen Sekjen Suhajar memberikan kata sambutan dalam kegiatan Musyawarah Nasional (Munas) Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia pada 17 November di Lombok Raya Hotel, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. --

HARIAN DISWAY- Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro mengajak seluruh pihak dari sekretaris daerah (sekda) agar senantiasa mendukung penuh kepemimpinan kepala daerah.

Menurut Sekjen Suhajar, peran sekda adalah membantu tugas-tugas kepala daerah. Maka dari itu, diharapkan loyalitas sekda ditunjukkan demi pemerintahan berjalan optimal.

“Sekda itu [diibaratkan seperti] lehernya kepala daerah. Jadi sekda itu harus bisa menyesuaikan diri dengan kepala daerah,” ujar Sekjen Suhajar saat menghadiri Musyawarah Nasional (Munas) Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia pada 17 November kemarin di Lombok Raya Hotel, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Gubernur itu kepala, bupati/wali kota itu kepala. Badan itu adalah handling manajemen, dinas adalah operasional manajemen, baru bisa berjalan seimbang,” sambungnya. 

BACA JUGA: Tujuh Kandidat Bacawapres Prabowo Subianto: Ada Menteri, Ketum Parpol, dan Kepala Daerah

Sekjen Suhajar menambahkan sekda juga memiliki tugas lain dalam menjaga keseimbangan hubungan kepala daerah dan wakilnya. 

Mengingat dalam proses berdinamika, seringkali timbulnya perbedaan pendapat antara kepala daerah dan wakilnya. Di situlah, sekda perlu ambil tindakan dalam menjaga keseimbangan hubungan pimpinan tersebut.

Selain itu, sekda perlu menjaga keseimbangan hubungan baik dengan jajaran DPRD. Sekjen Suhajar mengakui tugas sekda tidaklah mudah, dengan pertimbangan setiap daerah memiliki karakteristik yang berbeda. Apalagi bila perbedaan sikap antar pimpinan daerah sampai dibawa ke urusan hukum. 

“Kalau [ada masukan mengenai kebijakan yang dibuat] kepala daerah menurut kita perlu sampaikan maka sampaikan saja,” tegas Sekjen Suhajar.

BACA JUGA: Kepala Daerah PDIP Dilarang Terima Capres Selain Ganjar

“Tapi jika kepala daerah sudah mengambil keputusan, maka kepala daerah yang bertanggung jawab. Kita membantu untuk meringankan bebannya, jadi memang membutuhkan kesabaran,” tambah Suhajar.

Di samping pembahasan tugas sekda, Sekjen Suhajar juga mengungkit terkait pentingnya percepatan pelayanan digital. Menurutnya, banyak daerah yang sudah semakin maju dalam hal pelayanan.

“Pelayanan sudah tergolong cepat, mudah, dan dapat membantu masyarakat. Pelayanan seperti inilah yang perlu terus dihadirkan oleh pemerintah daerah,” kata Suhajar dalam momentum yang sama.

“Organisasi pelayanan publik yang efektif adalah pelayanan yang di-connecting-kan dengan IT, sehingga menjadi lebih efektif,” tandasnya. (Wehernius Irfon)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: