Ekspedisi Perubahan Dengarkan Keluhan dari Warga Jawa Barat Soal Sulitnya Cari Kerja

Ekspedisi Perubahan Dengarkan Keluhan dari Warga Jawa Barat Soal Sulitnya Cari Kerja

Gerakan anak muda yang mendorong adanya perubahan, Ubah Bareng, saat mengadakan Ekspedisi Perubahan di beberapa wilayah di Jawa Barat. -AMIN-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Gerakan anak muda yang mendorong adanya perubahan, Ubah Bareng, kembali mengadakan Ekspedisi Perubahan.

Kali ini, mereka mengunjungi sejumlah daerah di Jawa Barat (Jabar), yaitu Bogor, Cianjur, Sukabumi, dan Bandung, mulai dari Rabu, 10 Januari hingga Sabtu, 13 Januari 2024.

BACA JUGA: Siapkan Pilpres Dua Putaran, Anies-Muhaimin Gerus Basis Suara Tradisional Prabowo

Ekspedisi Perubahan sendiri dilakukan dengan mengajak warga berdiskusi untuk untuk mendengar keresahan yang selama ini mereka alami. Adapun dari kunjungan di Jabar, Ubah Bareng mendengar sejumlah keluhan, mulai dari sulitnya mendapat pekerjaan hingga masalah pertanian.

Sebagaimana yang disampaikan perwakilan kaum muda di Sukabumi, Anjak Priyatma Sukma. Ia mengatakan bahwa muncul keresahan di kalangan muda, mengenai sulitnya mendapat pekerjaan.

Kalau pun anak muda dituntut untuk membuka usaha, negara juga belum memfasilitasi. "Minimnya ketersediaan lapangan kerja jadi salah satu isu utama di sini. Anak-anak muda sulit dapat pekerjaan," kata Anjak.

"Pun jika mau berwirausaha, juga masih belum terfasilitasi. Mulai dari akses modal yang  susah, hingga pendampingan teknis dan pemasaran yang masih belum terfasilitasi. Semoga dengan kegiatan ini, keresahan tadi bisa disampaikan ke Pak Anies dan Pak Muhaimin," lanjut Anjak.

Anjak juga menyampaikan masalah yang masih dihadapi para petani, yaitu soal penguasaan lahan. Ia mengatakan ada ketimpangan penguasaan lahan antara perusahaan besar dengan para petani, di mana pihak swasta itulah yang lebih banyak menguasai lahan.

Masalah seputar pertanian juga dikeluhkan oleh petani asal Kabupaten Bandung, Sutisna. Ia mengeluhkan soal harga pupuk yang mahal tidak seimbang dengan hasil panen yang mereka dapatkan.

Di samping itu, pria berusia 46 tahun tersebut juga menyampaikan bahwa petani masih minim edukasi. Jadi ketika dihadapkan dengan kendala, kata Sutisna, mereka cenderung mudah menyerah.

"Kebanyakan petani itu otodidak. Jadi ketika ada kendala, mereka cukup menyerah dengan keadaan. Misalnya cuaca hujan, mereka sudah berpikir pasti produksi stroberi turun," katanya.

"Ini perlu kebijakan pemerintah, bagaimana mengedukasi kami agar masalah-masalah yang tabu ini bisa terpecahkan," jelasnya.

Mendengar masalah tersebut, Mikail Baswedan, selaku salah satu peserta Ekspedisi Perubahan, berjanji bakal menyerapnya sebagai langkah awal untuk mewujudkan perubahan.

"Setelah berdiskusi bersama warga di sana, kami menyadari bahwa perubahan harus benar-benar dirasakan oleh setiap warga negara. Khususnya di wilayah Jawa Barat ini," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: