Inilah Profil Empat Guru Besar Baru PCU (4): Prof. Dr. Njo Anastasia, S.E., M.T

Inilah Profil Empat Guru Besar Baru PCU (4): Prof. Dr. Njo Anastasia, S.E., M.T

Inilah empat guru besar PCU yakni Prof Njo Anastasia, Guru Besar baru PCU dalam bidang ilmu Manajemen Keuangan. Dia berbagi penelitian bertajuk "Masa sih Generasi Muda Sulit punya Rumah Sendiri?".-Petra Christian University-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Jumlah Guru Besar di Petra Christian University (PCU) bertambah. Universitas yang merupakan kampus swasta terbaik Indonesia versi Quacquarelli Symonds (QS) South-Eastern Asia University Rankings 2023 itu memiliki empat profesor dari Faculty of Industrial Technology dan School of Business Management.

Prof Juniarti, Prof Njo Anastasia, Prof Juliana Anggono, dan Prof Zeplin Jiwa Husada Tarigan. Keempat Profesor itu tentu memiliki kisah berikut kontribusi mereka dalam masyarakat, juga dalam dunia akademik. Berikut profil keempat guru besar PCU dari Faculty of Industrial Technology dan School of Business Management.

BACA JUGA: Inilah Profil Empat Guru Besar Baru PCU (3): Prof. Dr. Zeplin Jiwa Husada Tarigan, S.T., M.M.T.

Prof. Dr. Njo Anastasia, S.E., M.T

"Masa sih Generasi Muda Sulit Punya Rumah Sendiri?"

Prof Njo Anastasia telah bertahun-tahun mendalami manajemen keuangan perusahaan, personal, serta topik-topik terkait properti. Dosen Finance & Investment Program yang bergabung di PCU sejak tahun 2000 itu, memulai ketertarikannya bahkan sejak SMA.

"Saat SMA saya suka dengan bangunan dan desain. Seperti ilmu Arsitektur. Maka saya mengambil kuliah ekonomi di PCU. Sebab, punya konsentrasi bidang real estate," ungkapnya. 

Rasa cinta Prof Anastasia terhadap objek-objek real estate membuatnya berusaha mendalami keuangan real estate. Baik secara corporate maupun personal. 

Maka topik penelitian yang dirilis Guru Besar bidang ilmu Manajemen Keuangan tersebut lebih banyak membahas properti. Khususnya perilaku orang dalam membeli properti. Termasuk para generasi millenial dan Gen-Z.

BACA JUGA:PCU Universitas Satu-satunya di Jatim yang memiliki Lateral Hydraulic Jack

Dia memaparkan bahwa investasi pasar real estate paling umum adalah rumah atau apartemen. "Mungkinkah anak muda punya rumah? Mungkin. Asal buat perencanaan keuangan sedini mungkin untuk mendapatkan rumah impian," ujar Kepala Laboratorium Perancangan dan Produk Keuangan SBM PCU itu.

Profesor yang mengambil program master di Civil Engineering PCU dengan spesifikasi Property Management itu juga menjadi penilai publik. Dia bergabung dengan Masyarakat Profesi Penilai Indonesia (MAPPI). 

Baginya, perencanaan sangat penting. Meski itu harus dimulai dari hal-hal sederhana. "Misalnya, mulai dari menulis luas bangunan, lokasi, dan lain-lain. Penting untuk memahami nilai objek tersebut," ujarnya.
PCU punya empat guru besar. Keempat Guru Besar baru di PCU bersama Rektor PCU Prof Djwantoro Hardjito. Keempat Guru Besar itu masing-masing berasal dari dua fakultas di PCU. -Petra Christian University-

Maka, jika mulai berpikir untuk berinvestasi, yang harus dilakukan adalah mendiversifikasi portfolio sedini mungkin dengan menyesuaikan gaya hidup. Itu langkah awal yang penting untuk mencapai tujuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: