Simak! Ini Tujuh Cara Cegah Flu di Musim Penghujan

Simak! Ini Tujuh Cara Cegah Flu di Musim Penghujan

7 Tip Cegah Flu di Musim Hujan--ilustrasi

Kelembapan tinggi selama musim hujan memicu perkembangan bakteri dan kuman. Tangan pun menjadi pintu utama masuknya kuman ke dalam tubuh.

Pastikan untuk menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan setelah beraktivitas di luar, sebelum dan sesudah makan, serta setelah menggunakan toilet. Cuci tangan dengan air mengalir dan sabun disinfektan untuk memastikan eliminasi bakteri.

Sedangkan untuk lingkungan, kelembapan dan kotoran yang bertambah saat musim hujan dapat menciptakan pertumbuhan bakteri.

Anda harus membersihkan tempat-tempat yang berpotensi menjadi tempat berkembang biaknya kuman dan bakteri. Jangan lupa untuk mengubur atau membakar sampah, menutup penampungan air, dan memangkas ranting serta rumput yang berlebihan.

3. Menjaga Asupan Makanan

Pilihlah makanan yang hangat dan berkuah untuk menjaga tubuh agar tetap hangat.

Sup ayam, sup labu, atau soto ayam dapat menjadi pilihan yang baik untuk meningkatkan kenyamanan tubuh Anda, terutama di lingkungan dengan suhu rendah.

4. Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Meskipun udara dingin bisa membuat kita tidak merasa haus, namun kebutuhan cairan tubuh harus terpenuhi.

Pastikan Anda mencukupi kebutuhan cairan dengan meminum air mineral setiap hari, minimal 1,5 liter. Selebihnya, teh tawar atau air jahe juga dapat menjadi pilihan untuk memberikan kehangatan ekstra.

5. Vaksinasi Influenza

Di negara beriklim tropis seperti Indonesia, flu bisa menyerang kapan saja. Oleh karena itu, vaksinasi influenza menjadi langkah penting untuk melawan virus ini.

Untuk dewasa disarankan mendapat vaksin influenza setiap tahun, sesuai dengan dosis dan jenis vaksin yang direkomendasikan.

6. Pola Tidur yang Baik

Pastikan untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup dan teratur. Hindari begadang dan pastikan waktu istirahat tercukupi agar otot dan sistem imun tubuh dapat pulih dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: