Media Asing Sebut Khofifah Sosok Penentu Kemenangan Pilpres 2024

Media Asing Sebut Khofifah Sosok Penentu Kemenangan Pilpres 2024

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat meresmikan gedung baru RSMM.-Sahirol Layeli/Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Kantor berita asal Amerika Serikat, Bloomberg menyebut Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sebagai sosok penentu kemenangan dalam kontestasi Pilpres 2024.

Analisis tersebut diterbitkan dalam artikel berita berjudul "One Woman Holds Sway In Indonesia’s All-Men Presidential Race".

Bloomberg menulis Khofifah akan memberi pengaruh signifikan dalam  perolehan suara pasangan capres-cawapres yang didukung olehnya. 

BACA JUGA:Khofifah Resmikan 56 Huntara Relokasi Dampak Tanah Gerak di Ponorogo

"Khofifah Indar Parawansa, gubernur Jawa Timur, provinsi terbesar kedua di Indonesia, menjadi sosok yang berperan penting dalam kemenangan seorang presiden," tulis mereka. 

Menurut artikel tersebut, sama seperti saat kemenangan Presiden Joko Widodo, dimana Jawa Timur, rumah bagi 31 juta pemilih dan merupakan daerah pemilihan kaum (islam) tradisional, memberikan suara untuk Jokowi dalam dua pemilihan terakhir.

Dukungan yang dideklarasikan Khofifah kepada Prabowo sangatlah penting dalam mencapai target pemilu satu putaran.

Terlebih ditengah derasnya isu koalisi yang akan dibentuk Anies Baswedan bersama Ganjar Pranowo guna mencegah terjadinya Pemilu satu putaran. 


Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyerahkan bantuan rumah sementara.-Humas Pemprov Jatim-

Prabowo, yang memperoleh suara sebesar 46,7 persen dalam sebuah survei pada tanggal 23-24 Desember oleh Indikator Politik Indonesia, ditulis Bloomberg, harus mendapatkan setidaknya 50 persen suara nasional untuk meneruskan kepemimpinan Jokowi. 

Jika tidak, maka dua kandidat teratas akan bertarung dalam pemilihan ulang.

Bloomberg mengatakan sebagai salah satu pemimpin senior di Nahdlatul Ulama, Khofifah memiliki pengaruh yang sangat luas, tidak hanya di Jawa Timur saja.

Khofifah ditulis merupakan pemimpin organisasi sayap NU dengan jumlah 30 juta anggota yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia dan sejumlah negara luar.

Dukungan Khofifah untuk Jokowi dianggap sebagai salah satu alasan kemenangannya yang mudah di Jawa Timur untuk masa jabatan kedua di tahun 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: