RSUD Surabaya Timur Dikebut , September 2024 Sudah Bisa Operasional

RSUD Surabaya Timur Dikebut , September 2024 Sudah Bisa Operasional

Area RSUD Surabaya Timur yang tengah dibangun berlokaso di Gunung Anyar -Alyn-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Pembangunan RSUD SURABAYA Timur terus dikebut oleh Pemerintah Kota SURABAYA. Proses konstruksi Rumah Sakit di atas lahan 5,5 hektar menelan anggaran sekitar Rp500 miliar ini sudah mencapai 21 persen.

Kehadiran RSUD Surabaya Timur diharapkan memberikan kemudahan dalam mengakses layanan kesehatan bagi warga. Khususnya warga Surabaya Timur. Apalagi, direncanakan kapasitasnya bisa menampung sebanyak 327 tempat tidur.

Anda Sudah Tahu, Pemkot Surabaya sudah memiliki dua RSUD Soewandhie dan RS Rumah Sakit Bhakti Dharma Husada (BDH). Keduanya memberikan layanan kesehatan di area Surabaya pusat, barat, utara hingga selatan.


TAMPILAN depan ruang IGD RSUD Dr Mohamad Soewandhie. -Boy Slamet-

BACA JUGA:Groundbreaking RSUD Surabaya Timur Dimulai, Proyek Telan Anggaran Rp 500 Miliar

"Anggaran tidak kecil ya, kita tidak hanya memastikan konstruksi fisik tapi kesiapan SDM, kesiapan layanannya dan bentuk-bentuk yang dikerjasamakan dengan BPJS," ujar Ketua Komisi D DPRD Kota Surabaya Khusnul Khotimah pada Kamis, 18 Januari 2024.

Bukan hanya progres konstruksi bangunan saja. Rapat koordinasi Komisi D DPRD Kota Surabaya sudah dilakukan pekan lalu juga melibatkan Dinas Kesehatan. Fokusnya membahas layanan dan tenaga medis. Pengadaan alat kesehatan pun juga membutuhkan waktu jika melalui proses lelang.

"Kami minta Dinkes bikin timeline, dalam bulan ini fokus kesiapan SDM. Lalu selanjutnya persiapkan alkesnya atau kemudian komponen layanan yang harus disiapkan. Apakah dokternya, spesialis dokter, ruang operasi," jelasnya. 


RSUD dr. Soewandhi Surabaya-Pemkot Surabaya-

Khusnul juga menyebut pentingnya belajar dari pengalaman sebelumnya. Saat pengembangan pelayanan radiologi di RSUD Soewandhie, dibutuhkan waktu cukup panjang untuk perijinan alat kesehatan. Termasuk apakah layanan dikerjasamakan dengan BPJS.

"Kalau alat sudah ada, dokter sudah siap, maka tidak perlu menunggu lagi," imbuhnya.

BACA JUGA:Enggak Rumit! Ini 7 Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman serta Pertanahan (DPRKPP) Kota Surabaya Iman Kristian mengatakan proses pembangunan RSUD Surabaya Timur sudah masuk pembangunan level tiga. Dipastikan rampung pada September 2024 mendatang.

“September tahun ini (2024) sudah bisa operasional,” ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: